Aturan Ini Wajib Dipatuhi Ketika Mengunjungi Bayi Baru Lahir

Ilustrasi bayi
Sumber :
  • Pixabay/Pexel

VIVA.co.id – Ketika mendengar kabar mengenai kerabat yang baru saja melahirkan, selain perasaan suka cita pastinya ingin segera mengunjungi bayi sekaligus menengok kondisi si ibu.

ART Nana Mirdad Temukan Bayi Baru Lahir di Semak Dekat Rumahnya, Tak Pakai Baju Maupun Alas

Bayi yang baru lahir dan ibu yang baru saja melalui masa persalinan biasanya masih menjalani kondisi yang rentan. Tidak hanya terhadap kondisi fisik keduanya, namun juga melibatkan sisi emosional terlebih karena si ibu dalam kondisi yang sensitif.

Jika Anda merencanakan berkunjung ke tempat kerabat yang baru saja melahirkan, ada beberapa aturan dan tata krama berkunjung yang wajib di patuhi. Berikut ini beberapa di antaranya. Seperti dilansir dari laman popsugar.com.

Rentan Infeksi, Begini Cara Tepat Rawat Tali Pusat Bayi Baru Lahir

1. Jadwal berkunjung (Jangan memaksakan diri jika si ibu belum siap)

Setiap ibu yang baru melahirkan memiliki sifat yang berbeda. Biasanya ibu baru membutuhkan waktu ekstra untuk mengenali dan mendekatkan diri dengan anggota keluarga baru, setelahnya baru secara perlahan ia bisa mulai mengenalkan anggota barunya kepada orang lain.

Viral Bayi Meninggal Diduga Akibat Pelayanan Buruk Klinik di Tasikmalaya, Begini Faktanya

Karenanya, tanyai si ibu terlebih dahulu. Apakah ia siap jika dikunjungi. Jika belum siap, Anda bisa bertanya kepadanya kapan waktu yang tepat untuk berkunjung?.

2. Datang tepat waktu dan di waktu tepat

Ibu yang baru melahirkan memiliki jadwal keseharian yang berbeda dengan sebelumnya. Ibu yang baru melahirkan cenderung cepat haus, mengantuk dan lelah. Karenanya, Jika Anda telah mendapat persetujuan waktu berkunjung, maka datanglah tepat waktu.

Selain itu Anda juga harus mempertimbangkan waktu yang tepat, misalnya pilih waktu dan jam yang sekiranya tidak mengganggu aktivitas si ibu. Tidak terlalu cepat dan tidak terlalu terlambat.

3. Jangan bertamu terlalu lama

Meskipun Anda senang berada di sana, namun sebaiknya jangan bertamu terlalu lama karena ibu dan bayinya membutuhkan waktu tertentu untuk recovery. Selain itu pertimbangkan pula tamu lain yang hendak berkunjung. Bayangkan betapa lelahnya sang ibu menerima banyak tamu.

4. Bawakan makanan

Ibu yang baru melahirkan tidak memiliki waktu untuk memasak, bahkan untuk sekadar menyiapkan jamuan untuk para tamunya. Karenanya sebaiknya Anda bisa membawa makanan atau sarapan kesukaan si ibu.

5. Cuci tangan sebelum menggendong bayi

Menggendong bayi yang baru lahir adalah momen yang paling ditunggu-tunggu ketika berkunjung. Namun jangan lupa untuk mencuci tangan Anda sebelum menggendong si bayi karena bayi yang baru lahir sangat rentan terhadap bakteri dari luar. Selain itu, hal lain yang perlu Anda ingat bahwa ibu yang baru saja memiliki bayi biasanya bersikap posesif terhadap bayinya. Oleh karena itu, Anda harus menerima dan menghargai sikapnya.

6. Katakan 'tidak' jika ditawarkan minum atau makan

Seperti yang dilakukan tuan rumah lainnya yang kedatangan tamu, biasanya Anda akan ditawari untuk minum dan makan sesuatu. Namun, sebaiknya Anda menolaknya dengan halus, atau konsumsi apa saja yang disediakan tanpa meminta apapun. Hindari hal-hal yang bisa merepotkan si ibu.

7. Jangan bawa bayi atau anak Anda berkunjung

Anda mungkin akan lebih menikmati waktu berkunjung tanpa  membawa buah hati Anda. Jika Anda terpaksa membawa buah hati Anda, pastikan ia tidak mengacaukan seluruh ruangan hingga fokus Anda menjadi terpecah.

8. Jangan mengatakan saran-saran yang tidak Anda kuasai.

Ketika berkunjung biasanya akan keluar topi obrolan seperti bagaimana cara menyusui tau mengatasi masalah-masalah pasca melahirkan. Namun ada kalanya Anda tidak memiliki pengalaman tersebut. Jika hal itu terjadi, sebaiknya hindari menjadi sok tahu dengan menceritakan berbagai tips yang belum pernah Anda rasakan sendiri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya