Ini Menu Sarapan Bergizi dan Praktis untuk Si Kecil

Ilustrasi sarapan
Sumber :
  • Pexels/Unsplash

VIVA.co.id – Sarapan adalah hal penting yang harus dilakukan anak-anak sebelum ke sekolah. Namun, tak hanya sekadar melahap makanan saat sarapan, perlu dipersiapkan pula, pemilihan menu yang tepat. Ini sangat bermanfaat untuk menunjang kinerja otak dan aktivitas anak di sekolah.

Ternyata Telur Goreng Tak Baik untuk Sarapan

Menurut ahli gizi, Marissa Puleo, banyak keuntungan yang bisa didapatkan anak usia sekolah usai sarapan. Tanpa sarapan, perhatian dan fokus anak bisa menurun, serta lebih mudah tersinggung.

Dilansir Medical Daily, studi tahun 2013 menunjukkan, anak-anak yang menjalani sarapan ditemui memiliki skor tes lebih tinggi dan hanya menunjukkan sedikit gejala frustasi, dibanding anak yang tidak sarapan. Energi yang didapatkan dari sarapan itu, menjadi sumber konsentrasi dan fokus si kecil.

2 Menu Sarapan Kaya Serat untuk Anak, Gampang Banget Bikinnya

Namun, sarapan tidak hanya sekadar konsumsi makanan.Pemilihan menu makanan yang tepat saat sarapan, tentu memberi manfaat lain untuk anak. Salah satu makanan yang disarankan yaitu makanan rendah gula. Makanan jenis ini akan memberi energi lebih baik pada anak dan menunda rasa lapar lebih lama.

Banyak jenis makanan untuk sarapan yang sebenarnya sangat cepat dibuat dan terasa lezat. Orangtua bisa mencoba untuk membuat roti panggang dengan selai kacang yang lezat dan bergizi.

Menu Sarapan Seperti Ini yang Bisa Cerdaskan Anak

Selain itu, makanan yang berprotein tinggi namun juga mudah dibuat yaitu telur rebus atau kacang rebus serta buah-buahan. Jika ingin lebih baik lagi, bisa berikan yoghurt dengan granola, yang bergizi tinggi.

Jika si kecil tak sempat sarapan, karena khawatir terlambat ke sekolah, segelas susu, akan cukup memberikannya energi yang baik. Bahkan, salah satu studi dari Jepang menemukan, sarapan dengan es krim, berdampak baik bagi otak agar lebih fokus dan konsentrasi.

Tapi, sebaiknya pilih susu dan es krim yang mengandung sedikit lemak dan gula.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya