Beri ASI pada Bayi Bisa Cegah Penyakit Kanker

Ilustrasi ibu-ibu menyusui.
Sumber :
  • REUTERS/Christinne Muschi

VIVA.co.id – Air susu ibu atau ASI diketahui memiliki manfaat dan keajaiban luar biasa bagi anak. Bahkan, ASI dianjurkan agar diberikan pada anak hingga lebih dari dua tahun.

Betrand Peto Minum ASI Perah Sarwendah jadi Kontroversi, Ini Kata Ahli

Menurut penelitian oleh Dewey pada tahun 2001, pemberian ASI di atas usia satu tahun masih mampu memenuhi berbagai kebutuhan gizi pada anak. Di antaranya, 29 persen energi, 43 persen protein, 36 persen kalsium, 75 persen vitamin A, 76 persen folat, 94 persen Vitamin B12 dan 60 persen vitamin C.

Dokter anak sekaligus anggota Sentra Laktasi Indonesia, dr. Utami Roesli, SpA, IBCLC, FABM mengatakan, bahwa anak yang diberi ASI secara langsung oleh ibunya akan sehat sepanjang hidupnya.

Minum ASI Sarwendah, Betrand Peto: Manis Bun

"Dia akan terhindar dari leukimia dan dua macam kanker darah lainnya. Juga terhindari dari pneumonia, penyakit jantung kronis, alergi berat, bronkhitis, buang air besar berdarah, obesitas, neuroblastoma, limfoma, dan pada ibu bisa menghindarkan dari kanker payudara," kata dr.Utami saat ditemui VIVA.co.id dalam sebuah acara belum lama ini.

Selain itu, menurut sebuah penelitian oleh dokter anak di Amerika Serikat, anak yang diberi ASI selama enam bulan, bisa menurunkan angka kanker darah hingga 20 persen dan diabetes hingga 40 persen. (mus)

Sandra Dewi: Rahasia ASI Lancar Cuma Satu, Bahagia
Ilustrasi susu atau ASI perah

Agar ASI Perah Melimpah, Begini Tips Pumping yang Benar

Ibu baru kerap menemukan beberapa kendala saat pamping ASI

img_title
VIVA.co.id
26 Desember 2019