Sesame Street Kenalkan Julia, Mupet Baru Penderita Autisme

Julia, mupet baru penderita autisme di Sesame Street
Sumber :
  • Official Sesame Street

VIVA.co.id – Elmo dan Big Bird kini punya teman baru dalam Sesame Street, namanya Julia. Boneka Mupet cantik ini berusia 4 tahun, memiliki rambut berwarna merah, sangat senang dengan mainan boneka kelinci, dan mengidap autisme.

Hari Kesadaran Autisme Sedunia, Gimana Cara Tunjukkan Kepedulian?

Para penggemar Sesame Street mungkin pernah mengenal Julia sebelumnya. Karena, mupet yang memiliki karakter pemalu ini pernah dimunculkan karakternya dua tahun lalu lewat buku cerita Sesame Street yang dijual lewat online. Pada April 2017 ini, Julia hadir lagi dan bergabung menjadi penghuni tetap di Sesame Street.

Karakter Julia ternyata tidak diciptakan sembarangan. Tak hanya melibatkan para pendidik dan psikolog, namun Sesame Street bekerjasama dengan organisasi-organisasi autisme.

5 Rekomendasi Permainan, Bisa Tingkatkan Motorik Kasar dan Halus Anak Berkebutuhan Khusus

Selain menciptakan karakter, para ahli ini juga ikut bergabung menentukan jalan cerita untuk membantu tim Sesame Street menentukan cara terbaik memperkenalkan Julia kepada anak-anak. Hal tersebut tidak mudah, karena tak hanya memperkenalkan karakter Julia semata, namun juga menjelaskan mengenai apa itu autisme pada anak-anak.

"Sangat tricky, karena autisme tidak semata-mata soal satu hal saja, setiap anak autisme memiliki definisi dan kondisi yang berbeda sesuai karakter anak itu sendiri, jadi kami tidak bisa menyamaratakan karakter tokoh penderita autisme ini," ujar Christine Ferraro, salah satu penulis naskah cerita Sesame Street seperti dikutip dari laman Today.

Melawan Stigma Buruk Autisme di Indonesia

Selain itu Christine manambahkan, bahwa ekspresi yang keluar dari anak penderita autisme yang kita temui tidak akan sama dengan anak penderita autisme lainnya.

Julia akan dikenalkan lewat tayangan HBO dan PBS series dalam segmen ketika ia bertemu dengan Big Bird, namun dalam scene tersebut Julia enggan menyalami dan menyambut tangan Big Bird. Kemudian Elmo datang untuk menjelaskan kepada Big Bird yang sedih dan kecewa dengan sikap Julia. Elmo mengatakan kepada Big Bird kalau Julia memiliki autisme.

"Terkadang, Julia memiliki respons yang lama dalam melakukan beberapa hal," ujar Elmo dalam scene tersebut.

Acara tersebut juga menjelaskan bahwa Julia memiliki sensitivitas tinggi terhadap suara bising, tidak hanya itu, Julia juga memiliki ketertarikan dan fokus tinggi terhadap beberapa mainan (game).

Pendongeng dan pemain boneka yang memerankan Julia, Stacey Gordon, juga memiliki anak yang menderita autisme. Ia berharap memerankan karakter anak autisme sejak ia muda.

"Anak-anak senang meniru apa yang mereka lihat di televisi. Seandainya teman-teman anak saya menyaksikan tayangan ini sejak lama, tentunya mereka tidak kebingungan dengan sikap yang ditunjukkan anak saya di kelas. Mereka tidak akan merasa khawatir berlebihan jika anak saya mendadak histeris. Setidaknya anak-anak menjadi tahu bahwa anak-anak autisme punya sikap yang unik dan berbeda dari anak-anak lain," ujarnya. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya