Jenis Probiotik yang Sehat untuk Saluran Cerna Si Kecil

Yogurt.
Sumber :
  • Pixabay/ponce_photography

VIVA.co.id – Kesehatan saluran cerna terlihat pada keseimbangan bakteri baik dan jahat di dalam tubuh. Agar bakteri baik dan jahat seimbang, dibutuhkan nutrisi yang baik. Salah satunya, probiotik.

5 Cara Alami Bikin Kulit Glowing Hingga Cegah Penuaan Dini

Ada dua jenis probiotik yang dibutuhkan si kecil yakni yang alami dan berasal dari produk makanan. Salah satu probiotik alami yang murah, aman dan mudah dijangkau yaitu ASI.

"Salah satu nilai istimewa dari air susu ibu (ASI) adalah kandungan probiotik alaminya yakni Laktobasilus reuteri. Probiotik bisa didapat dari berbagai sumber, di antaranya makanan dan non-makanan," ujar ahli gizi medik, Dr. dr. Saptawati Bardosono, MSc, dalam acara Nestle Lactogrow Happy Wonderland, di kawasan SCBD Jakarta, Kamis 30 Maret 2017.

Anak Susah Makan, Begini Cara Mengatasinya

Untuk non-makanan, lanjut Tati, probiotik dalam bentuk ekstrak sudah banyak dijual di pasaran. Sementara untuk makanan, probiotik banyak terdapat dari susu dan produk olahannya.

"Termasuk di antaranya yakni yogurt kental. Kalau anak sudah dapat ASI, probiotik alaminya yakni Lactobasilus reuteri harus dibuat tetap hidup dan berkembangbiak. Salah satunya yaitu dengan cara diberikan 'makanan' yakni probiotik," lanjut dia.

5 Pengobatan Rumahan yang Efektif untuk Mencegah Infeksi Urin

Untuk itu, menjaga keseimbangan bakteri baik dan jahat di saluran cerna, harus dengan memberi si kecil asupan probiotik yang tepat. Tidak melulu harus susu dan yogurt, sebab, buah juga mampu memberikan kandungan probiotik yang cukup.

"Probiotik banyak terdapat dalam serat, yang bisa didapat melalui cukup konsumsi sayur dan buah-buahan secara rutin. Nanti probiotik yang sudah ada akan berkembangbiak dan tumbuh lebih banyak." (ren)

Tempe.

dr Zaidul Akbar: Usahakan Ada 5 Hal Ini dalam Makanan Kita Tiap Hari

praktisi kesehatan sekaligus pendakwah dr Zaidul Akbar mengatakan agar kita harus mengusahakan kelima hal itu dalam makanan.

img_title
VIVA.co.id
18 Juli 2021