Berikan MPASI di Usia Tepat untuk Hindari Alergi

Anak makan sayur
Sumber :
  • Pixabay/ avitalchn

VIVA.co.id – Pemberian air susu ibu (ASI) secara ekslusif diwajibkan dilakukan selama enam bulan. Ketika anak sudah memasuki usia enam bulan, sudah saatnya mereka diberikan makanan pendamping ASI atau MPASI.

MPASI Cukup Hanya Pakai Buah dan Air Tajin? Ini Kata Dokter

Menurut Prof. Dr. dr. Budi Setiabudiawan, SpA(K), anak yang berusia 6 bulan harus diberi makanan padat segera dari berbagai jenis makanan. Hal ini dilakukan untuk merangsang toleransi anak terhadap berbagai jenis makanan.

Terkadang, banyak orangtua yang kemudian menunda karena anak tidak menerima makanan padat. Akhirnya hingga usia satu tahun anak baru diberikan makanan padat, padahal hal ini akan berisiko membuat anak alergi. Terutama bila anak memiliki riwayat keluarga yang juga alergi.

Asah Perkembangan Motorik Anak Lewat Bentuk Camilan

"Saat enam bulan anak sudah bisa diberikan seafood seperti udang. Dibuat dengan konsistensi yang sesuai dengan usia anak, misalnya diblender cair. Buah juga dikenalkan agar anak tidak alergi," kata Budi kepada VIVA.co.id.

Jika anak tidak diberikan makanan padat tepat di usia enam bulan, maka tidak akan terjadi yang disebut dengan oral toleransi. Jika tidak terjadi toleransi ini, lanjut Budi, dalam waktu setahun, alergi akan muncul.

5 Resep MPASI Praktis Ala Vanessa Angel

"Selama belum muncul alergi, berikan makanan padat tepat usia enam bulan. Kenalkan pada berbagai jenis makanan. Tapi, kalau sudah muncul alergi, hindari sama sekali makanan itu," ujarnya.

Begitu pula jika makanan padat diberikan terlalu dini, hal ini juga bisa memunculkan reaksi alergi. Budi menjelaskan, pada anak di bawah usia enam bulan, sistem imunitasnya belum matang, ususnya juga belum matang, sehingga makanan padat tidak bisa dicerna sempurna dan langsung diserap tubuh. Proses ini bisa menimbulkan alergi.

Anak makan sayur

Kapan Waktu Tepat Berikan Camilan untuk Si Kecil?

Pada saat usia Si Kecil menginjak 6 bulan, ia sudah siap diperkenalkan pada makanan pendamping ASI (MPASI) termasuk juga mulai dikenalkan pada camilan sehat

img_title
VIVA.co.id
14 Januari 2022