Makanan yang Bikin Anak Cerdas Sejak dalam Kandungan

Ilustrasi ibu hamil.
Sumber :
  • Pixabay/Pexels

VIVA.co.id – Kehamilan merupakan kondisi yang membahagiakan untuk pasangan suami istri. Kondisi kehamilan ini, tentu harus disertai dengan nutrisi tepat demi menyehatkan ibu dan janin.

Saran dr Zaidul Akbar, Ingin Anak Cerdas Hindari 3 Makanan Ini

Ahli gizi Rita Ramayulis DCN, M.Kes. mengungkapkan salah satu gizi yang tepat untuk janin adalah asam folat. Sayangnya, banyak ibu yang tidak memenuhi asupan gizi tersebut.

"Kebanyakan wanita hamil di Indonesia mengalami defisiensi asam folat, makanya anak-anak Indonesia jadi kurang cerdas. Padahal, kunci dari pemenuhan asam folat mudah didapatkan," ujar Rita dalam acara “Ramadhan Sehat dan Praktis Bersama Philips” di kawasan Sudirman, Jakarta, Senin 15 Mei 2017.

Permainan Seperti Ini Dukung Tumbuh Kembang Hingga Bikin Anak Cerdas

Bagi Rita, tiga makanan mengandung asam folat tinggi dan mudah dijangkau, yaitu sayuran hijau, perasan jeruk, serta protein rendah lemak. Terpenting, tiga makanan tersebut tidak membuat kantong menjadi bolong alias harganya murah.

"Protein rendah lemak misalnya daging ayam tanpa kulit atau tempe dan hindari daging olahan seperti sosis dan kornet. Usahakan mengolahnya tidak digoreng untuk menghindari pertumbuhan berat bayi yang terlalu pesat sehingga sulit melahirkan dengan normal," lanjut Rita.

Anak Kekurangan Zat Besi Sulit Berprestasi di Sekolah

Usai melahirkan, para ibu juga harus tetap memenuhi kebutuhan si mungil melalui asupan air susu ibu atau ASI. Maka, Rita menganjurkan pentingnya asupan guna menghasilkan ASI yang banyak dan berkualitas baik.

"Membuat ASI lancar dan kental, cukup dengan memenuhi cairan yang banyak, kacang mede serta sayur katuk dan karbohidratnya juga boleh diperbanyak. Dianjurkan juga para suami memberi perhatian yang baik agar suasana hati sang istri senang dan bisa membuat ASI yang mencukupi," kata Rita. (ren)

Konsep permainan peta edukatif anak dan balita

Hindari Kecanduan Gadget, Mainan Edukatif Ini Asah Kecerdasan Anak

Pandemi COVID-19 membuat anak yang libur sekolah bisa ditemani mainan edukatif untuk membantu mereka belajar.

img_title
VIVA.co.id
20 Januari 2022