Ibu Hamil Kurang Vitamin B Picu Bibir Sumbing pada Bayi

Ilustrasi bayi
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Zat gizi yang cukup dan seimbang sangat diperlukan bagi ibu hamil untuk menghasilkan bayi yang sehat dan sempurna pertumbuhannya. Karenanya, asupan makanan yang kaya nutrisi dari beragam makanan sangat diperlukan.

1 dari 700 Kelahiran Bayi Dapat Alami Bibir Sumbing, Tumbuh Kembang Bisa Terganggu

Namun, pada ibu hamil seringkali mengalami mual dan muntah yang menyebabkan terhambatnya asupan gizi yang cukup. Karenanya, ibu butuh asupan vitamin yang bisa mengurangi rasa mual dan muntah tersebut.

Ahli gizi ibu dan anak Dr. drg. Sandra Fikawati, MPH mengatakan, vitamin yang dapat mengurangi mual dan muntah pada ibu hamil adalah vitamin B6. Vitamin ini bisa didapat dari sayur dan buah.

Infeksi Flu Ibu Hamil Picu Bayi Lahir Bibir Sumbing, Kelainan Jantung hingga Spina Bifida

"Karena itu ibu hamil harus banyak makan sayur dan buah," ujar Fika saat ditemui VIVA.co.id beberapa waktu lalu.

Selain vitamin B6, jenis vitamin B lain yang tak kalah pentingnya adalah vitamin B12. Dokter kebidanan dan kandungan Dr. dr. Taufik Jamaan, SpOG menambahkan, vitamin B memiliki peran yang sangat penting pada ibu hamil.

Setiap Hari Ada 540 Bayi Terlahir dengan Kondisi Bibir Sumbing

Dia menuturkan bahwa kekurangan vitamin B bisa berisiko anak lahir dengan bibir sumbing.

"Jadi, jangan sepelekan vitamin B ini," imbuhnya.

Fika melanjutkan, tidak sama halnya dengan vitamin B6, vitamin B12 tidak didapat dari buah dan sayur, tapi dari protein hewani. Jadi, untuk ibu vegetarian sebaiknya menjalani diet vegetarian lacto-ovo yang masih mengonsumsi telur dan produk susu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya