Cara Bikin Anak Suka Matematika

Belajar matematika
Sumber :
  • dailymail.co.uk

VIVA.co.id – Kita tidak bisa menghindari matematika karena ini adalah salah satu keterampilan yang dibutuhkan dalam keseharian kita. Tapi, sayangnya tidak semua anak menyukai matematika dan sains sejak kecil, dan lebih banyak tertarik pada subyek kreatif.

Kenali 7 Tips Menjadi Ibu yang Sukses Mendidik Anak Zaman Sekarang

Apalagi jika Anda sebagai orangtua juga tidak begitu menyukai bidang yang berkaitan dengan matematika. Hal ini membuat Anda lebih sulit menanamkan kesukaan pada matematika kepada buah hati.

Guru, penulis dan konsultan pendidikan Maya Thiagarajan, seperti dilansir Independent, memberikan trik bagaimana orangtua bisa mendidik buah hati untuk mencintai matematika, meskipun mereka sendiri bukan penyuka matematika.

Ketika Mertua Suka Ikut Campur dalam Mendidik Seorang Anak

"Pertama, orangtua harus menghilangkan pikiran seperti 'Saya tidak pernah menyukai matematika', atau 'Saya tidak jago matematika' di depan anak-anak," kata Maya seperti dikutip The Independent.

Karena, anak-anak menyerap perilaku kita dalam banyak hal, jadi kita harus berusaha membagi perilaku positif kepada anak-anak.

Tanda Lemah Ginjal sampai Cara Didik Anak Jadi Pemberani

Selain itu, Maya menyarankan agar orangtua mulai mencoba dan menciptakan apa yang disebutnya sebagai 'rumah kaya matematika' untuk anak-anak mereka.

"Hal pentingnya adalah menyadari bagaimana mengintegrasikan matematika ke dalam percakapan dan aktivitas sehari-hari, dan menjadikannya bagian dari kehidupan," ucap Maya.

Maya mencontohkan bagaimana para ibu di Singapura bicara mengenai angka-angka pada anak mereka, bentuk, dan pola sejak dini. Sehingga matematika masuk ke dalam kehidupan sehari-hari dan menciptakan rumah yang kaya matematika.

Orangtua yang sukses juga mendorong anak-anak mereka bermain permainan yang berbau matematika. Seperti catur, Lego, balok bangunan, tangram, puzzle, dan board game.

"Saat mereka membawa anak-anak mereka ke pasar, mereka membicarakan matematika. Jika satu apel berharga Rp1.000, berapa harga enam apel? Ketika mereka naik tangga, mereka bicara matematika, jika kita ada di lantai lima sekarang, berapa lantai lagi sampai kita di lantai 11?" ujar Maya mencontohkan.

Ini adalah hal-hal sederhana yang bisa membuat perubahan besar dalam kehidupan buah hati Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya