Anak Sering Mengompol? Pahami Dulu Penyebabnya

Ilustrasi popok bayi
Ilustrasi popok bayi
Sumber :
  • pixabay/Ajale

VIVA.co.id – Anak-anak yang suka mengompol biasanya sering diledek. Dan seringkali, mengompol di malam hari terus berlanjut bahkan ketika anak sudah melewati usia lima tahun. Hal ini tentunya membuat kekhawatiran pada orangtua.

Jika anak-anak seperti ini, biasanya kemampuan untuk menahan kencing menurun atau tidak terbentuk. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai alasan.

Dilansir laman Times of India, spesialis anak dr. Vivek Rege mengungkapkan orangtua biasanya akan mengambil langkah serius ketika anak batuk, panas, atau demam, tapi tidak untuk mengompol yang juga merupakan masalah serius.

"Hampir 15 persen anak di bawah usia lima tahun mengalami masalah ini. Jika masalah ini masih ada meski mereka sudah melewati usia 5 tahun, maka panduan profesional dibutuhkan," kata Rege.

Banyak penelitian dilakukan untuk memahami kenapa anak-anak mengompol. Pada kebanyakan anak, kemampuan untuk mengendalikan kandung kemih mereka memang terbatas. Hal ini bisa disebabkan karena ketidakseimbangan hormon, khususnya yang berkaitan dengan Hormon Antidiuretik.

Penanganan mengompol terutama melibatkan pengidentifikasian penyebab mengompol dan saran pengobatannya beserta modifikasi gaya hidup pada anak.

Banyak penelitian juga tengah dikembangkan untuk mencari tahu adanya kaitan antara media sosial dan jejaring virtual dengan mengompol. Sedangkan beberapa penelitian lain mencoba mencari tahu hubungan antara kekerasan dengan mengompol.