Tiga Cara Mudah Pangkas Lemak Anak Obesitas

Ilustrasi timbang badan
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Obesitas menjadi salah satu kondisi berbahaya yang bisa memicu beberapa penyakit tidak menular. Terlebih, obesitas yang terjadi pada anak, dapat membuatnya rentan terjangkit berbagai macam penyakit.

7 Manfaat Mengurangi Konsumsi Gula untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Obesitas

Untuk itu, obesitas atau lemak berlebihan pada tubuh anak, harus dipangkas sejak dini. Cara paling mudah yaitu dari contoh lingkungan sekitarnya.

"Anak-anak biasanya mencontoh perilaku makan dari lingkungannya. Salah satunya sosok ibu yang menjadi model bagi anak. Maka, jika ibu ajak anak makan fast food, sebaiknya juga sudah membawa sayur mayur dari rumah," ujar ahli gizi Rita Ramayulis, kepada VIVA.co.id beberapa waktu lalu.

85 Persen Ibu Pilih Beri Susu Formula Ketimbang ASI, Ahli Ungkap Dampaknya

Menurutnya, dengan rutin membawa sayur mayur, membuat anak terbiasa untuk konsumsi sayur di setiap waktu makannya. Kemudian, tahap kedua, ajak anak untuk bergerak aktif.

"Move atau bergerak menjadi hal yang wajib untuk memangkas bobot tubuh anak. Bisa melalui latihan fisik ekstra. Nah, agar anak termotivasi, bisa dimasukkan dalam sebuah club olahraga mungkin," kata Rita.

Sama-sama Atasi Obesitas, Apa Perbedaan Operasi Bariatrik dan Balon Lambung?

Dengan adanya lingkungan yang baik terkait pola makan dan perilaku bergeraknya, membuat anak termotivasi menjalani hidup yang lebih sehat. Untuk lebih sempurna lagi, bisa mulai dipicu juga melalui psikisnya.

"Meet atau bertemu dengan ahlinya, seperti psikolog. Di tahap terakhir ini, ajak anak melakukan aksi dalam mengatasi masalah bobot tubuhnya tapi secara mindset dan psikisnya," kata dia.

Ilustrasi serangan jantung

Termasuk Polusi Udara, Ini 10 Penyebab Penyakit Jantung yang Perlu Diketahui

Penyakit jantung menjadi salah satu masalah kesehatan utama di dunia, menyebabkan jutaan kematian setiap tahunnya.

img_title
VIVA.co.id
31 Maret 2024