Usia Berapa Anak-anak Boleh Pasang Kawat Gigi?

Ilustrasi periksa ke dokter gigi
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA.co.id – Kawat gigi atau behel menjadi solusi untuk memperbaiki struktur gigi yang tidak beraturan. Selain untuk estetika atau keindahan pada gigi, tapi juga memperbaiki posisi gigi dalam fungsi mengunyah makanan, juga memperbaiki masalah lingual.

Aligner, Alternatif Kawat Gigi Tanpa Rasa Sakit dan Ganggu Penampilan

Lantas, pada usia berapa idealnya kawat gigi boleh dipasangkan? Dokter gigi yang tergabung dalam Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PB PDGI), Diono Susilo, mengatakan, pemasangan kawat gigi idealnya dilakukan pada usia di bawah 18 tahun.

"Jadi itu dari usia 11-18 tahun pergerakan masih mudah," kata Diono di Hotel Central Park Jakarta, Senayan, Rabu 26 Juli 2017.

Siswi SMK di Sumut Meninggal Usai Pasang Behel

Adapun dalam pemasangannya, ia menjelaskan perlu adanya beberapa pertimbangan dan perhitungan yang harus dilakukan. Karena pada usia tersebut banyak perubahan yang terjadi pada bagian mulut maupun giginya.

Menurutnya, ada dua sisi utama yang dilihat sebelum pemasangan dilakukan. Yaitu dari sisi usia dan chepalo atau jarak antara gigi dan rahang terhadap tulang tengkorak. 

Tren Kawat Gigi, Waspada Tendensi Berujung Tragedi

"Kita menghitung berdasarkan perhitungan, misal pertumbuhan tulangnya seperti apa. Jadi kita memang tidak bisa sembarangan," ujarnya.

Clear aligner.

Clear Aligner, Metode Rapikan Gigi yang Diklaim Jauh Lebih Baik dari Behel

Alasan utama pasien memilih clear aligner daripada kawat gigi tradisional adalah karena aligner menghilangkan semua pengalaman sulit yang dialami saat menggunakan behel.

img_title
VIVA.co.id
26 November 2022