Studi: 88 Persen Anak Marah pada Perselingkuhan

Shafa saat melabrak Jennifer Dunn.
Sumber :
  • instagram.com/shafaharris

VIVA – Kasus seorang anak melabrak wanita yang diduga selingkuhan dari sang ayah, sedang hangat diperbincangkan. Ternyata, secara psikis, kasus perselingkuhan memberi dampak traumatis pada anak.

Depresi, Pria Muda Bunuh Diri Loncat dari Lantai 8 Apartemen

Dilansir dari laman Kind Red Media, penulis buku Parents Who Cheat, Ana Nogales PhD, menuturkan dampak perselingkuhan berbeda pada tiap anak di usianya. Terlebih, adanya tekanan dari lingkungan, memberi dampak sakit yang berlebihan, termasuk perasaan terkhianati.

Lebih dari 800 anak yang tumbuh dengan melalui kasus perselingkuhan orangtuanya, memberi respons dalam survei online Parents Who Cheat. Hasilnya, 88,4 persennya merasakan amarah terhadap orangtua yang selingkuh.

Supaya Lebih Gembira, Ibu di Inggris Ubah Nama dan Gaya Jadi Unicorn

Selain itu, 62,5 persen merasa malu. Parahnya, 80 persennya merasa bahwa kasus perselingkuhan memengaruhi sikapnya dalam menjalin hubungan percintaan. Bahkan, 70 persennya mengatakan, kesulitan memercayai orang lain usai mengalami kasus perselingkuhan.

Survei tersebut menunjukkan bahwa anak akan merasa dikhianati seperti orangtuanya yang dikhianati pasangannya. Banyak anak-anak yang akhirnya mengalami ketakutan bahkan mimpi buruk usai kasus perselingkuhan terjadi.

Depresi, Anggota Kostrad Diduga Tusuk Diri Sendiri di Kemayoran

Alasan tersebut menjadi dorongan kuat seorang anak melakukan hal-hal yang tidak biasa, demi mendapatkan perhatian orangtuanya kembali. Bahkan, mereka, para anak korban perselingkuhan orangtua, tidak segan melakukan hal yang berisiko tinggi untuk mendapatkan kasih sayang kembali.

Sikap yang berisiko tinggi ini bisa berdampak bahaya pada anak yang melakukannya. Selain itu, Ana Nogales menjelaskan, kasus perselingkuhan orangtua itu akan membekas pada anak selama bertahun-tahun dan meninggalkan dampak psikologis yang tersembunyi. (ase)

Ilustrasi anak menggambar

Arti Gambar Ini Bisa Tunjukkan Keadaan Psikologis Anak

Ada berbagai jenis bentuk yang digambar oleh anak-anak entah itu berupa rumah hingga potongan potongan yang membentuk pola tertentu.

img_title
VIVA.co.id
28 Juli 2022