Lewat Uang, Anak Bisa Belajar Tanggung Jawab dan Kejujuran

Memupuk rezeki secara perlahan.
Sumber :
  • Pixabay/ nattanan23

VIVA – Pendidikan tidak hanya dimulai sejak masa sekolah, melainkan sejak anak berusia dini. Di masa anak-anak ini, si kecil mampu dibentuk karakternya secara tepat melalui pendidikan yang sesuai.

Moms, Ini Cara agar Tak Mudah Stres dan Bisa Bonding dengan Anak

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) menjadi hal yang sangat krusial dalam membangun kepribadian si kecil. Di usia nol hingga lima tahun, menjadi masa emas yang mendongkrak perkembangan fisik dan otak anak secara maksimal.

"Usia anak sampai lima tahun, merupakan masa emas, di mana kemampuan otak menyerap informasi masih sangat tinggi. Di masa ini, stimulasi pendidikan positif sangat penting dalam perkembangan anak," ujar Dirjen PAUD dan Dikmas, Harris Iskandar dalam sambutannya di Peluncuran Pojok Baca Bank Indonesia, di Hotel Bidakara, Jakarta, Senin 4 Desember 2017.

7 Perilaku Gaslighting Orangtua pada Anak, Banyak yang Gak Sadar

Dilanjutkannya, mengikutsertakan anak dalam PAUD, memberi kualitas yang memungkinkan anak mencapai kesuksesannya di masa depan. Dengan pendidikan anak usia dini yang tepat, perkembangan si kecil bisa menjadi lebih maksimal secara keseluruhan.

"PAUD berkualitas, jadi awal kesuksesan masa depan anak. Di mana, anak ditempatkan untuk bermain sebagai wadah mengembangkan kemampuan berbahasa, kecakapan sosial, dan emosional, serta kemampuan kognitif anak," paparnya.

5 Tips Parenting Agar Anak Cerdas

Di kesempatan yang sama, Kasubdit Kurikulum PAUD Dikmas Dra Kurniati menuturkan, bagaimana anak dikenalkan aksara awal dalam pendidikan PAUD berkualitas. Menurutnya, pendidikan keuangan menjadi salah satu pembelajaran yang sebaiknya dipaparkan sejak dini pada anak.

"Mengenalkan aksara awal melalui angka yang ada di uang, menjadi dasar pendidikan keuangan untuk anak. Selain itu, tidak melulu tentang keuangan saja tapi membentuk karakter anak untuk jujur, tanggung jawab, dan mampu komunikasi dengan baik," jelasnya.

Ilustrasi anak menabung.

Tips Memberi Pemahaman Soal Keuangan kepada Anak

Memahami atau memiliki kecakapan dalam hal literasi keuangan merupakan salah satu kunci penting agar dapat membuat keputusan keuangan yang tepat dan tidak boros. 

img_title
VIVA.co.id
8 Maret 2022