Bukti Ibu Masih Punya Peran Lebih Besar Dibanding Ayah

Ibu dan anak.
Sumber :
  • Pixabay/ Eelementus

VIVA – Sejak dahulu, peran orang tua dari masa ke masa yang selalu dikenal adalah asah, asih, dan asuh. Asuh adalah memastikan anak tumbuh dan berkembang dengan optimal. Asih adalah memberikan kasih sayang dan penuh cinta, sementara asah adalah memberikan stimulasi-stimulasi.

Gara-gara Ribut, Gadis 13 Tahun Bunuh Ibu Kandung

Namun kenyataannya, menurut psikolog keluarga Roslina Verauli, ibu secara faktual memiliki peranan yang jauh lebih banyak dibandingkan ayah.

Hal ini bisa dibuktikan pada pasangan orang tua yang sama-sama bekerja. Bisa dipastikan bahwa peran mengasuh anak lebih banyak dilakukan ibu. Begitu pula dengan peran mengurus rumah yang lebih banyak dilakukan ibu.

Terkuak! Masa Lalu Nikita Mirzani dan Lolly, Ternyata Didikannya Begini

Sejumlah data pun menunjukkan, betapa ibu akhirnya memiliki peran jauh lebih besar dari ayah. Meski keduanya bekerja, namun yang lebih banyak mengasuh anak dan mengurus rumah, tetap adalah ibu yang paling dominan.

"Data yang salah satunya disebutkan dalam buku review Marriage and Family menyebutkan bahwa ternyata para ibu mengerjakan tugas-tugas rumah tangga 2/3 kali lebih banyak dari ayah," ujar psikolog dengan sapaan akrab Vera dalam acara peluncuran kampanye Best Mom Ever di Plataran Dharmawangsa, Jakarta, Selasa 12 November 2017.

Polisi Ungkap Penyebab Kematian Ibu dan Anak Dalam Rumah di Cilandak Jaksel

Meski, lanjut Vera, ada tren saat ini pengasuhan egalitarian family di mana para ayah lebih terlibat, namun data menunjukkan bahwa ibu dua kali lebih banyak mengasuh dari ayah. "Hal ini pun dialami semua orang, mulai dari selebriti hingga profesional," katanya.

Pelaku pembunuh ibu dan anak di Palembang ditangkap Polisi.

Pembunuh Sadis Ibu dan Anak di Palembang Ditangkap, Ini Tampangnya

Wasilah ditemukan tewas dibunuh dengan bersimbah darah terdapat pengki besi yang masih tertancap di kepala. Begitupun dengan sang putri yang perutnya ditusuk pakai pisau.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024