5 Tips agar Anak Gadis Anda Nyaman Bicara soal Menstruasi

Hubungan Ibu dan putrinya.
Sumber :
  • Halomoney.co.id

VIVA – Berbicara soal menstruasi pada anak untuk pertama kalinya tak selalu mudah. Namun, bukan berarti tidak bisa sama sekali.

Nikita Mirzani Menangis Ditanya Jika Lolly Datang Minta Maaf, Begini Jawabannya

Tenang saja para ibu, karena ada tips untuk lebih nyaman menyampaikan informasi seputar menstruasi pada anak tanpa harus keluar keringat dingin yang akhirnya hanya akan membuat anak merasa tidak nyaman. 

Menurut Psikolog ahli di bidang perempuan, Elizabeth Santosa M.Psi, Psi, ACC dalam acara #Menstrutalk, Diskusi Awal Menstruasi Antara Ibu dan Anak Persembahan Sangobion MenstruPain di Menteng, Jakarta Pusat, 16 Desember 2017, ada lima hal yang perlu dipahami ibu sebelum bicara pada anak. 

Keluar Haid Jelang Berbuka Batalkah Puasanya? Begini Kata Ustaz Adi Hidayat

Pertama, kuasai masalah fisik. Perubahan badan, menstruasi, hubungan intim.  "Siapkan mental, anggap sebagai guru Biologi lagi ngomong ke murid," ujarnya memberi tips. 

"Tumbuhan, hewan mengalami reproduksi, bicara reproduksi sebagai hal yang alami. Kalau ngomong harus firmly (tegas), kalau takut dan anak melihat enggak nyaman, anak ikut enggak nyaman," ujarnya menambahkan.

Kiky Saputri Idap Kista Ovarium, Kenali Gejalanya!

Kedua adalah tentang emosi."Menstruasi bukan hanya tentang period, tapi perubahan hormon dan pencarian identitas diri. Jika anak tiba-tiba menangis jangan tekan anak (tanya kenapa), kasih usapan di punggung, buat nyaman," ujarnya.

Ketiga adalah tentang relasional, yaitu meningkatnya paparan. Televisi, film, internet, majalah, musik dan mulut para teman di sekolah yang penuh konten seksual. 

"Jangan sampai omongan kita enggak nyambung sama mereka, seberapa mereka tahu soal sexuality, gender, cowok keren kayak apa. Kita orangtua kadang level pengetahuannya satu level di bawah anak," kata Elizabeth yang mengatakan bahwa anak sekarang bisa jauh lebih pintar karena banyaknya sumber informasi yang bisa diperoleh. 

Keempat adalah sosial, Elizabeth menyebutkan, ibu sebaiknya memberi kebebasan pada anak tentunya dengan rasa tanggung jawab. "Mereka pernah punya rasa suka, itu alami, jangan mengecilkan rasa suka mereka, Puppy love buat kita, bisa jadi buat mereka it's true feel."

Terakhir adalah tentang spiritual. "Adalah waktu yang tepat mengenalkan social, charity, teman kesusahan. Menstrutalk bukan hanya tentang siklus menstruasi tapi lebih luas." (mus) 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya