Cara Cerdas Ajari Si Kecil Gunakan Media Sosial

Anak dan gadget
Sumber :
  • Pixabay/ StarupStockPhotos

VIVA – Dunia maya dengan hadirnya gawai canggih, sudah sangat mudah dijangkau oleh siapa saja termasuk anak-anak. Di tengah gencaran media sosial tersebut, para orangtua dituntut cerdas dalam mengajari si kecil menggunakan media sosial.

Kemenkominfo Gelar Talkshow “Rekam Jejak Digital di Ranah Pendidikan”

Ainun Chomsun sebagai praktisi Online menjelaskan bagaimana cara cerdas menggunakan gadget bagi anak. Menurut Ainun, anak tidak perlu belajar ketrampilan di dunia digital, karena secara otomatis anak akan mahir dengan sendirinya. Etika di dunia maya berbeda dengan dunia nyata.

"Jika seorang anak sudah dilibatkan dalam berteknologi digital, sama saja, kita sebagai orang tua, memberikan anak jalan untuk berinteraksi dengan dunia maya yang tentunya banyak ditemukan (konten) pornografi, kejahatan di sosial media, bullying dan risiko terkena adiksi," kata Ainun kepada VIVA, ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta beberapa waktu lalu.

Menyelami Dampak Negatif FOMO pada Pengguna Media Sosial

Ainun menjelaskan, para orang tua sudah seharusnya memahami etika yang ada di media sosial. Dengan begitu, ayah bunda bisa mengajari si kecil untuk bisa lebih cerdas gunakan media sosial di zaman serba canggih ini.

"Social media adalah ranah publik, apa yang diposting bisa dibaca atau dlihat banyak orang, seperti bicara di pasar pakai speaker. Masing-masing social media ada aturannya, dan karena ranah publik maka ada aturan hukum berlaku. Jaga etika dan aturannya," paparnya.

Viral Motor Matik Diisi Minyak Kayu Putih Campur Bensin, Ini Kata Pakar

"Sekali posting di social media, akan sulit ditarik kembali, hati-hati. Social media adalah ‘jejak hidup’ mu, bangun cerita dengan baik," ungkapnya.

Selain itu, ajak anak untuk memilah teman-teman di media sosial miliknya. Lingkungan media sosial bisa turut memengaruhi sikap anak dalam berperilaku terhadap orang lain.

"Ingatkan anak untuk pilih-pilih teman di social media serta berinterkasi di sosial media sama seperti di dunia nyata, ada orang baik dan ada orang jahat. Selain itu, batasi waktu bermain gadget, masih banyak aktivitas lain yang penting."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya