Kids Zaman Now Habiskan 30 Menit Lebih Lama Bermain Internet

Anak dan gadget
Sumber :
  • Pixabay/ StarupStockPhotos

VIVA – Sebuah studi mengungkapkan, kalau rata-rata waktu yang dihabiskan anak-anak untuk bermain game video di ponsel, atau menggunakan komputer meningkat hingga 30 menit sehari sejak tahun 2000 hingga 2015.

Bantah Selingkuh, Rizky Nazar Tantang Netizen Buktikan Video Ciuman dengan Salshabilla Adriani

Namun, studi itu juga mengatakan bahwa orangtua tidak perlu cemas, karena anak-anak bisa melakukan banyak tugas sekaligus dan menyesuaikan perilaku mereka untuk melibatkan perangkat tersebut dalam tugas mereka.

Dilansir laman Times of India, anak-anak menghabiskan waktu 10 menit lebih sedikit untuk menonton televisi di antara tahun 2000-2015. Namun, waktu mereka untuk bermain game video dan menggunakan komputer meningkat hingga 40 menit, memberikan peningkatan total 30 menit dalam waktu yang anak-anak habiskan pada kegiatan tradisional berbasis gawai.

Pengakuan TikToker Galih Loss Soal Video Diduga Menistakan Agama: Saya Menyesali Semua

Studi tersebut juga mengatakan bahwa teknologi itu tidak mengonsumsi waktu dan perhatian anak, seperti yang umumnya dipersepsikan.

Sebaliknya, peningkatan penggunaan teknologi pada anak-anak menyebar sepanjang hari saat mereka terlibat dalam berbagai aktivitas lainnya seperti belajar, makan, bermain, bersosialisasi, dan sebagainya.

Dituduh Selingkuh, Rizky Nazar Meradang Beri Respons Begini

"Meski tidak bisa disangkal ini merupakan waktu yang banyak, namun diambil dari konteks, hal ini tidak menyebabkan banyak kekhawatiran. Bahkan, studi ini mengungkapkan bahwa daripada membiarkan perangkat mengambil alih kehidupan mereka, anak-anak bisa mengombinasikan penggunaan teknologi baru dengan aktivitas lainnya," ujar Killian Mullan, Senior Research Associate di Oxford University.

Mullan melanjutkan, temuan ini menunjukkan bahwa teknologi yang digunakan dengan dan dalam beberapa kasus bisa mendukung aktivitas lainnya, seperti pekerjaan rumah, dan bukan menjauhkannya. Anak-anak bisa menggabungkan teknologi ke dalam kehidupan sehari-hari mereka. Mereka membawa teknologi bersama mereka dan mereka melakukan semua hal yang mereka ingin lakukan.

Sebagai tambahan, studi yang dipublikasikan di jurnal Children Indicators Research ini mengungkapkan bahwa anak laki-laki menghabiskan waktu jauh lebih banyak bermain game video dibandingkan dengan anak perempuan. Anak laki-laki menghabiskan waktu 50 menit sehari, sementara anak perempuan hanya 9 menit.

Para peneliti mengatakan bahwa banyak waktu anak perempuan dihabiskan dengan melibatkan kegiatan lain seperti belajar dan bersosialisasi.

Dalam penelitian ini, tim mengombinasikan data dari dua survei 2000-2001 dan 2014-2015, untuk meneliti perubahan dalam kegiatan berbasis gawai dan untuk membangun gambaran detail mengenai waktu yang anak-anak habiskan dalam menggunakan teknologi. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya