4,7 Juta Anak RI di Bawah Umur Sudah Jadi Pekerja

Ilustrasi anak
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Dunia kerja di Indonesia masih banyak mempekerjakan anak di bawah umur. Menurut catatan Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA), anak berumur 10-17 tahun yang aktif secara ekonomi berjumlah 4,7 juta anak.

Marah ke Anak, Lantas Apa yang Harus Dilakukan Orangtua?

"Sekitar 3,4 juta di antaranya terserap di pasar kerja dengan perincian 1,1 juta di perkotaan, dan 2,3 juta di pedesaan," ujar Ketua Umum Komnas PA Arist Merdeka Sirait saat menggelar konferensi pers di kantor Komnas PA Pasar Rebo, Jakarta, Rabu, 27 Desember 2017.

Umumnya, anak bekerja pada sektor pertanian, kehutanan, perkebunan, perikanan, sektor industri manufaktur, sektor perdagangan umum, perdagangan eceran, restoran, dan hotel, serta sektor jasa, sementara selebihnya berada di jalanan.

Polisi Gerebek Panti Asuhan di Medan, Diduga Eksploitasi Anak di Tiktok

Aris mengungkapkan, ada 1,7 juta anak yang bekerja pada jenis dan bentuk pekerjaan terburuk. Selain itu, ditemukan pula ratusan ribu pekerja anak di pertambangan, atau pekerjaan yang mengandung sifat bahaya tertentu bagi anak seperti di anjungan lepas pantai dan penyelaman air dalam. Serta eksploitasi anak untuk bekerja di karaoke atau kelab yang melibatkan minuman keras, narkoba, serta obat perangsang seksualitas.

"Data menunjukkan, umumnya anak yang bekerja berusia antara 13-15 tahun dengan jam kerja lebih dari tiga jam sehari atau 15 jam seminggu. Sedangkan anak bekerja usia 15-17 tahun umumnya memiliki jam kerja lebih dari 40 jam seminggu," lanjutnya.

Perempuan Pelaku Eksploitasi Anak di Bawah Umur Ditangkap Polisi

Secara persentase, pekerja anak tertinggi terdapat di Papua dengan jumlah 34,7 persen dari total pekerja. Disusul dengan Sulawesi Utara 20,46 persen, kemudian Sulawesi Barat 19,82 persen.

Ilustrasi kekerasan pada anak

Tragedi Penganiayaan Anak Selebgram: Waspada! Ini 5 Cara Lindungi Anak dari Kekerasan

Berkaca pada kasus penganiayaan yang dialami putri Aghnia Punjabi. Apa yang perlu dilakukan oleh orang tua dalam melindungi anak mereka dari kekerasan?

img_title
VIVA.co.id
2 April 2024