Gerakan Sadar Wisata Cegah Kasus Eksploitasi Anak

Ilustrasi anak perempuan
Sumber :
  • Pixabay/Greyer baby

VIVA – Pesona Indonesia, ternyata membius wisatawan asing. Program pemerintah untuk memajukan industri wisata, guna meningkatkan pemasukan devisa kini membuahkan hasil. 

Bea Cukai Gelar Sosialiasi Cukai di Bogor dan Banjarmasin

Sepanjang 2017, tercatat bahwa pemerintah telah berhasil mendatangkan 10,4 juta wisatawan mancanegara ke Indonesia. Berdasarkan data tersebut naik 24 persen dibandingkan 2016.

Namun, di balik keberhasilan itu ada dampak negatif. Imbas wisatawan asing terjadi dalam hal perlindungan anak, terutama munculnya kekerasan dan eksploitasi seksual. 

Gegara Pulang Awal saat Lebaran Tanpa Izin Suami, Istri Tewas Alami KDRT

Melihat adanya kenyataan tersebut, Kementerian Pariwisata pun telah melakukan beragam upaya. Salah satu yang dilakukan adalah dengan menginisiasi gerakan sadar wisata yang isinya mengenai informasi seputar munculnya potensi eksploitasi anak di kawasan wisata.

"Kami sudah melakukan sosialisasi gerakan sadar wisata di 68 lokasi di 10 destinasi prioritas, destinasi branding dan tiga pintu masuk utama (Bali, Jakarta, dan Kepulauan Riau)," ungkap Asisten Deputi Tata Kelola Destinasi dan Pemberdayaan Masyarakat, Oneng Setya Haryani kepada VIVA di Jakarta.

Kondisi Anak Isa Bajaj Alami Kekerasan Kemaluan Ditendang, Sampai Periksa ke Poli Kandungan

Lebih lanjut, kata dia sosialisasi yang dilakukan pun menyasar pada penekanan terhadap pentingnya pencegahan HIV, AIDS dan penyalahgunaan narkoba. 

"Kami sosialiasikan berupa stiker yang bertuliskan imbauan penolakan mengenai kekerasan anak. Stiker tersebut dibagikan kepada pelaku usaha wisata, masyarakat sampai hingga pemilik warung dengan harapan agar kita bisa bantu untuk pencegahan," ujarnya. (asp)

Kawah di puncak Gunung Ijen.

Fakta-fakta WNA China Tewas Terjatuh di Kawah Ijen, Rok Tersangkut Pohon saat Foto

Diketahui korban berangkat ke kawah Ijen bersama rombongan lainnya dengan dibantu tur guide bernama Guswanto. Korban dan rombongan berangkat dari Paltuding ke Kawah Ijen.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024