Anak Masih Kecil Kok Payudaranya Sudah Besar?

Ilustrasi anak perempuan
Sumber :
  • Pixabay/Greyer baby

VIVA – Anak masih kecil, tapi payudaranya sudah bertumbuh. Hal itu sering membuat orangtua jadi cemas dan mengaitkannya dengan pubertas dini. Padahal perkembangan payudara tidak selalu menandakan pubertas.

Satu Pegawai Starbucks Perekam Aksi Intip Payudara Konsumen Tersangka

Seperti diterangkan di laman Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), perkembangan payudara pada anak perempuan sebelum berusia 8 tahun, tanpa disertai tanda-tanda pubertas, disebut prematur telarke.

Perkembangan payudara dipengaruhi oleh beberapa hormon, salah satunya estrogen. Sebaliknya, kadar testosteron memiliki tugas untuk menghambat perkembangan payudara. Gangguan keseimbangan pada kadar estrogen dan testosteron, dapat menyebabkan prematur telarke.

Tips Memilih Sports Bra dan Cara Merawatnya

Lantas apa bedanya prematur telarke dengan pubertas dini?

Pada pubertas dini, selain pembesaran payudara juga disertai dua atau lebih tanda-tanda pubertas lain, seperti pertumbuhan rambut pubis, rambut aksila (ketiak), peningkatan kecepatan tumbuh, dan pematangan tulang, bau tubuh orang dewasa, atau perubahan tingkah laku khas puber.

Mengapa Pria Senang Remas Payudara Wanita saat Bercinta

Prematur telarke sebagian besar disebabkan oleh peningkatan sensitifitas jaringan payudara terhadap estrogen atau terdapat paparan estrogen dari luar. Prematur telarke tidak membutuhkan terapi khusus, hanya perlu pemantauan berkala.

Namun, perlu perhatian lebih lanjut jika pembesaran payudara dimulai pada usia 2-3 tahun dan dalam waktu 4-6 bulan ukuran payudara bertambah dengan cepat.

Saksi menunjukan lokasi kejadian kasus remas payudara di Depok

Remas Payudara 2 Wanita, Pria di Depok Diamuk Warga

Warga yang geram memberikan bogem kepada pelaku peremasan payudara sebelum dibawa ke Polres Metro Depok untuk diperiksa

img_title
VIVA.co.id
29 Oktober 2020