Jarak Ideal untuk Kehamilan Anak Kedua

Ilustrasi ibu hamil.
Sumber :
  • Pixabay/Pexels

VIVA – Saat pasangan ingin memutuskan memiliki anak kedua, mereka seringkali bertanya berapa jarak usia ideal dengan anak pertama. Ini memang sepenuhnya merupakan keputusan personal yang bergantung pada berbagai faktor.

Ello Berbagi Kabar Gembira, Sang Istri Hamil Anak Kedua

Tapi, ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan jika Anda juga memikirkan kesehatan ibu dan anak. Beberapa pasangan mungkin akan memberi jarak dua tahun, tapi banyak juga yang menunggu hingga lima tahun.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan ketika merencanakan anak kedua seperti dilansir dari laman Times of India.

Viral Curhat Wanita Soal Janinnya yang Tiba-Tiba Hilang, Kok Bisa?

Jarak ideal

Tidak diragukan, keputusan untuk memiliki anak kedua merupakan keputusan Anda sepenuhnya. Tapi, Anda tidak bisa berkompromi mengenai kesehatan ibu. Saat ibu baru pulih dari kehamilan pertamanya, dia harus memikirkan anak yang kedua. Selain itu, masih ada beberapa pro dan kontra apakah jarak anak pertama dan kedua harus berdekatan atau terlalu jauh.

Anak Pertama Masih Belum Setahun, Penyanyi Ratu Meta Umumkan Hamil Anak Ketiga

Jarak 12-18 bulan

Ketika anak memiliki jarak usia 12-18 bulan, mereka cenderung akan memiliki ikatan yang lebih kuat. Anak pertama akan terlalu kecil untuk memahami kecemburuan, dan kedua anak bisa menjadi teman bermain. Tapi, kebutuhan intensif dua anak yang masih sangat kecil akan berdampak banyak pada kesehatan ibu. 

Malam yang kurang tidur yang akan berlangsung selama 1-2 tahun, menyusui atau membesarkan mereka bersamaan, setiap tanggung jawab menjadi dua kali lipat. Beberapa studi mengatakan bahwa jarak antara dua anak, yang kurang dari 18 bulan, akan memunculkan masalah seperti kelahiran prematur, usia gestasional yang kecil, dan berat badan lahir rendah.

Jarak dua tahun

Ada beberapa dokter yang merekomendasikan pasangan menunggu dua tahun untuk memiliki anak kedua. Tidak hanya ini baik untuk kesehatan ibu, tapi juga anak yang akan dilahirkan. Anak pertama juga sudah mencapai usia di mana dia bisa berekspresi dan memahami berbagai hal dengan lebih baik.

Jarak tiga tahun atau lebih

Ketika jarak anak pertama dan kedua adalah lebih dari tiga tahun, anak pertama sudah cukup besar untuk mandiri dan merasa aman. Di saat ini, tubuh ibu juga sudah sepenuhnya pulih dari kehamilan pertama, menyusui dan melahirkan.

Orangtua bisa memberikan perhatian kepada kedua anak, karena anak dua memiliki kebutuhan dan minat yang berbeda. Namun, hamil lagi setelah sekian tahun bisa menjadi lebih berat bagi tubuh ibu. Para ahli mengatakan, setelah tiga tahun atau lebih, kehamilan kedua bisa lebih berisiko. Tapi, jika Anda menunggu hingga lima tahun, Anda bisa terkena hipertensi, gangguan ginjal, dan bahkan diabetes.

Namun, menurut Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, jarak kehamilan sedikitnya adalah 24 bulan antara 
anak pertama dan kedua. Di saat itu, tubuh ibu sudah pulih sepenuhnya dari kehamilan pertama, karena ibu sudah mendapatkan kembali nutrisi yang hilang saat kehamilan pertama. Jika bukan 24 bulan, jarak minimal 18 bulan harus dijaga. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya