Kenali 5 Tanda Sudah Mulai Bosan Bekerja

Ilustrasi bekerja
Sumber :
  • pixabay/skeeze

VIVA – Agak mustahil jika bisa puas 24 jam dalam satu minggu tentang pekerjaan. Menguap, mengetukkan jari saat rapat, bisa jadi itu tanda kebosanan sudah mencapai titik tertingginya. Merasa seperti itu? Jangan sedih, ada sekitar 43 persen karyawan yang merasakan hal serupa. 

Ciptakan Lingkungan Kerja yang Sehat dan Produktif Lewat Kegiatan Lintasarta Health Day

"Bahkan CEO memiliki tugas yang membuatnya bosan. Tapi idealnya, kita menyebarkan kebosanan itu di antara hal yang menyenangkan dan tugas-tugas yang menarik, sehingga keseharian saat bekerja jadi menyenangkan, bermakna dan produktif," kata Amy Cooper Hakim,Ph.D dilansir Ladders, Sabtu, 29 Desember 2018. 

Mulai khawatir menemukan tanda kebosanan, coba pastikan dulu dengan melihat lima tanda kita sudah bosan dengan pekerjaan, dan bisa secepatnya membuat perubahan. 

BTN Pastikan Dana Investasi Nasabah Tak Hilang, Ini Penjelasannya

Sering melihat jam

Pekerja kantoran bisa menguap sepanjang hari meski dengan kopi di tangan mereka. Ada hari di mana ada keinginan untuk kembali di hari pertama bekerja. Ini masalahnya, jika terus menatap jam dan berharap waktu cepat berlalu, artinya tidak ada keterikatan dengan pekerjaan. 

Berhari-hari Tak Terlihat, Penghuni Indekos di Depok Ditemukan Tewas Membusuk

Career Coach, Cheryl Palmer, menjelaskan pekerjaan sehari-hari bisa melambat jika tidak mengisi setiap jamnya dengan pekerjaan yang membuat tertarik. Daripada menghitung jam, bantulah orang lain. Jika pekerjaan membosankan, coba lakukan dengan cepat kemudian bantu orang lain yang benar-benar sibuk.

Terus menerus ingin keluar

Baru bekerja sudah memikirkan akhir pekan, memasak makan malam untuk libur berikutnya. Ini biasanya tanda bahwa orang tidak tertarik, yang artinya ini tanda untuk meminta tanggung jawab pekerjaan lainnya.

Memenuhi keinginan minimal

Tanpa mencoba untuk melebihi harapan untuk kesuksesan perusahaan, hanya mencoba memenuhi apa yang diharapkan. Jadi ketika mulai seperti ini adalah tanda kebosanan. 

Melakukan kebodohan

Seperti menghabiskan lebih banyak waktu untuk bertukar pesan tentang topik yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan, karena jika tertarik dengan pekerjaan, tidak akan ada alasan untuk kehilangan fokus pada rutinitas kerja harian. 

Rajin memeriksa situs pencari kerja

Sama seperti orang yang sedang mencari teman kencan dan rutin mencari lewat aplikasi kencan, begitupun dengan pekerjaan. Jika mendapati 10 pemberitahuan pekerjaan dari berbagai laman, artinya sudah sama sekali tidak tertarik dengan peran di kantor. 

"Kita semua ingin mendapat tantangan. Jika tidak puas dalam pekerjaan, ide baik untuk mencari kesempatan lain. Tapi jika masih yakin bisa menemukan harapan usai hanya melihat jam dinding, artinya masih menginginkan rekomendasi baik untuk posisi berikutnya.” (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya