Dua Anak Bangsa Menang di International Manga Awards 2016

Raruurien, manga karya Ann Maulina
Sumber :
  • Instagram @n_maulina

VIVA.co.id – Pertama kali diselenggarakan oleh Kementerian Luar Negeri Jepang pada 2007, penghargaan International Manga Awards tahun ini kembali digelar.

Profil Akira Toriyama Seniman Manga Dragon Ball yang Meninggal Dunia

Sebanyak 14 pemenang untuk kategori satu emas, tiga perak, dan 10 perunggu telah diumumkan Selasa, 27 Desember 2016. Menariknya, di antara 14 nama tersebut, terdapat dua nama seniman asal Indonesia.

Dilansir dari laman Rocketnews24, mereka adalah Ann Maulina dan Dimaz Sadewa. Keduanya meraih penghargaan perunggu. Ann Maulina dengan karya berjudul Raruurien, sedangkan Dimaz dengan karya berjudul Woelan.

Kemenparekraf Dukung Penuh Karya Anak Bangsa Platform Komik Digital Comicone.id

Karya berjudul Woelan ini bisa dilihat secara online. Dimaz mengunggah cukup banyak hasil karya manga miliknya di laman bernama Kreavi.

Sementara itu, Ann Maulina yang bekerja di Tinker Games, Bandung, sehari-hari berprofesi sebagai ilustrator, komikus, juga seorang desainer grafis.

6 Fakta Lambang Klan Uzumaki Naruto di Jaket yang Dipakai Gibran Saat Debat

Dua karya anak bangsa Indonesia ini terpilih dari 296 karya lain dari 55 negara berbeda, seperti Taiwan, China, Thailand, dan lain-lain. Juri yang terlibat antara lain adalah seniman manga Machiko Stonaka, Yoshimi Kurata, dan Kimie Shiga, serta penerbit Tsutomu Fujita dan Kouichi Yuri.

Pemenang akan diundang untuk menghadiri acara penghargaan di Jepang, di mana mereka juga akan bertemu dengan seniman manga dan mengunjungi perusahaan penerbit Negeri Sakura. Acara ini akan digelar pada 6 Februari 2017.

International Manga Award merupakan penghargaan bergengsi yang digelar untuk memotivasi seniman manga yang bukan berasal dari Jepang untuk mengirimkan hasil karya mereka untuk diperhitungkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya