Agar Liburan Tetap Menyenangkan di Tengah Masa Menstruasi

Ilustrasi liburan/foto Instagramable.
Sumber :
  • Pexels/Adam Kontor

VIVA – Mengalami menstruasi saat tengah berlibur, tentu akan menjadi hal yang tak nyaman untuk wanita. Tak hanya khawatir takut tembus, saat menstruasi seringkali menimbulkan nyeri yang menghambat aktivitas.

Keluar Haid Jelang Berbuka Batalkah Puasanya? Begini Kata Ustaz Adi Hidayat

Meski demikian, menstruasi sesungguhnya tak perlu jadi halangan. Ada tips untuk wanita, agar liburan tetap menjadi aktivitas yang menyenangkan di tengah masa menstruasi seperti dilansir laman Female First.

Redakan nyeri

Kiky Saputri Idap Kista Ovarium, Kenali Gejalanya!

Melakukan beberapa aktivitas ringan selama perjalanan diketahui dapat membantu Anda mengurangi rasa sakit karena adanya peningkatan sirkulasi darah selama masa menstruasi. Anda bisa memilih kegiatan jogging di pinggir pantai saat pagi hari sebelum memulai aktivitas atau bisa memilih beryoga pada malam harinya.

Merasa bebas dari rasa sakit saat menstruasi akan membuat Anda merasa lebih percaya diri untuk ikut serta dalam kegiatan liburan dan tidak membiarkannya merusak perjalanan Anda.

Ramai Seblak Jadi Penyebab Endometriosis, Begini Kata Dokter

Busana yang pas

Aktivitas renang seringkali jadi bagian dari kegiatan liburan. Namun saat menstruasi datang biasanya berenang urung dilakukan. Namun jika menstruasi datang tiba-tiba saat tengah melakukan aktivitas renang, ada baiknya sebelum melakukan perjalanan siapkan baju renang warna hitam.

Ini untuk mengantisipasi jika noda menstruasi menembus pakaian. Warna hitam adalah pilihan yang tepat untuk membantu menyamarkan noda apabila Anda mengalami kebocoran.

Sedia pembalut

Tak ada salahnya membawa pembalut dalam koper saat bepergian. Jika sering memiliki pengalaman tembus, pilih pembalut yang tepat. Pastikan Anda memilih ukuran yang tepat untuk menghindari kebocoran.

Tetap atur pola makan

Cobalah untuk tidak memesan makanan yang tinggi lemak jenuh saat Anda berlibur. Sebab ini bisa memperburuk rasa nyeri menstruasi. Sebagai gantinya, perbanyaklah mengonsumsi buah.

Salah satu buah yang baik dikonsumsi saat menstruasi adalah pisang, karena pisang kaya akan vitamin B6 dan potassium, yang bisa membuat Anda merasa nyaman dan membantu menghindari kram otot.

Coba sesuatu baru

Jangan sampai menstruasi menghalangi Anda untuk bersenang-senang. Coba lakukan sesuatu yang tidak biasa Anda lakukan. Katakan ya pada pengalaman baru dan ini akan langsung meningkatkan kepercayaan diri Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya