Afrika Selatan Mulai Gaet Wisatawan Muslim 

Kota Cape Town, Afrika Selatan
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Negara-negara non-Muslim mulai berusaha menarik wisatawan muslim untuk datang ke negaranya dengan mengembangkan pariwisata halal. Salah satunya adalah Afrika Selatan. 

Bernilai Fantastis, Sandiaga Uno Minta Tingkatkan Penyediaan Produk Halal

Afrika Selatan menduduki peringkat keempat destinasi non-Islam terpopuler untuk turis Muslim, berdasarkan lembaga pemeringkatan pariwisata halal, Crescent Rating. Afrika Selatan, yang menjadi destinasi utama di kawasan Afrika, berhasil menarik1,52 juta turis di 2016. 

Afrika Selatan pun menyadari pentingnya menarik wisatawan Muslim. Mereka melakukan perubahan untuk mengakomodasi para wisatawan Muslim yang berlibur ke negaranya. 

Kini, Ada Wisata Halal yang Digabungkan dengan Umroh

Dilansir dari Financial Tribune, jaringan hotel Hilton Cape Town City Center telah melakukan diversifikasi layanan untuk memenuhi harapan para pelancong Muslim. Pihak hotel menyediakan sajadah dan Alquran atas permintaan tamu. 

Kamar-kamar hotel diberi tanda kiblat, yang menunjukkan arah Ka'bah di Mekah. Kamar-kamar mandi juga dirancang khusus untuk mengakomodasi kebutuhan para tamu. Sementara untuk makanan dan miniman, hotel juga menyajikan memberikan makanan dan minuman yang memenuhi syarat halal, yakni tidak mengandung alkohol dan daging babi 

5 Rekomendasi Wisata Halal di Hong Kong, Ada Masjid yang Dibangun Tahun 1840-an

CEO Cape Town Tourism, Enver Duminy, mengatakan meski secara tradisional Cape Town dianggap sebagai kota Eropa dengan sedikit budaya Afrika, persepsi itu sekarang berubah untuk mengakomodasi sejarah umat Islam yang tinggal di kota tersebut. 

"Kita harus memahami pasar terlebih dahulu-mengerti apa keinginan dan kebutuhannya, kemudian memastikan kita melaksanakannya dengan cara profesional, dan juga dengan cara yang lebih terhormat, dengan terlebih dahulu memahami budayanya," katanya.

Afrika merupakan benua pertama penyebaran agama Islam dari Asia pada abad ketujuh. Sekitar 42 persen penduduk benua Afrika beragama Islam pada 2002. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya