Bandara Internasional Dubai Kini Tersibuk di Dunia

Bandara Dubai
Sumber :
  • Dubai Tourism

VIVA – Bandara Internasional Dubai telah merilis statistik penumpangnya untuk tahun 2017, yang mengonfirmasi bahwa pihaknya telah memegang posisi sebagai bandara tersibuk di dunia untuk perjalanan internasional.

Daftar Bandara Tersibuk di Dunia, Soetta Nomor Berapa?

Sekitar 88,2 juta penumpang melewati bandara ini pada 2017, angka ini naik dari 83,6 juta pada 2016. Chief Executive Officer (CEO) Bandara Dubai, Paul Griffiths, mengatakan bahwa dia memperkirakan jumlah wisatawan membengkak menjadi 90,3 juta pada 2018.

Ini pertama kali Bandara Internasional Dubai melampaui London Heathrow, yang sebelumnya merupakan bandara tersibuk di dunia untuk lalu lintas internasional, pada 2014 dan terus mempertahankan gelar sejak saat itu. 

Lima Bandara Ini Paling Sibuk di Dunia

Dilansir dari The Independent, berikut ini bandara tersibuk di dunia berdasarkan jumlah penumpang pada 2016 yang dihitung oleh Airports Council International (ACI).

Bandara Heathrow, London (Inggris) 

16 Bandara Super Sibuk di Dunia

Mantan bandara tersibuk di dunia ini kini menempati bandara tersibuk kedua, meski jumlahnya masih jauh dengan peringkat kesatu. Heathrow dikunjungi 76 juta pelancong pada 2016, naik satu persen dari tahun sebelumnya. Bandara ini juga menempati urutan nomor tujuh untuk jumlah penumpang total.

Bandara Internasional Hong Kong

Tidak jauh di belakang Heathrow, Hong Kong dikunjungi 70 juta penumpang pada 2016, tumbuh tiga persen sejak 2015. Tempat ini berada di urutan kedelapan dalam hal bandara tersibuk di semua tempat.

Amsterdam Airport Schiphol (Belanda)

Sebagai bandara satu terminal dengan kapasitas 500 ribu penerbangan per tahun, Schiphol juga masuk dalam bandara terpadat di dunia. Ini adalah bandara tersibuk ketiga di Eropa,dan tersibuk keempat di dunia untuk penumpang internasional dan tersibuk ke-12 untuk jumlah penumpang. Sebanyak 64 juta orang singgah ke bandara ini pada 2016 dan mengalami  kenaikan sembilan persen dari tahun sebelumnya.

Charles de Gaulle Airport, Paris (Prancis)

Dengan 66 juta penumpang yang menggunakan bandara utama di Paris pada 2016, bandara ini masuk ke-10 bandara tersibuk, dan berada di posisi kelima untuk kedatangan serta keberangkatan internasional.

Bandara Changi, Singapura

Setelah memenangi penghargaan bandara terbaik dunia untuk tahun kelima berturut-turut pada 2017, Bandara Changi di Singapura dikenal untuk memberikan pengalaman berkualitas bagi para pelancong. Bandara ini juga memiliki jumlah pengunjung tinggi sebanyak 59 juta orang pada 2016. Ini adalah bandara tersibuk ke-17 secara keseluruhan dan nomor enam dalam hal penumpang internasional.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya