Garuda Pertahankan Predikat Maskapai Bintang 5 Skytrax

Pesawat Garuda Indonesia
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVA – Maskapai nasional Garuda Indonesia kembali mempertahankan predikat sebagai “maskapai bintang 5” dari lembaga pemeringkatan penerbangan, Skytrax. Garuda berhasil mempertahankan predikat tersebut sejak 2014. 

Angkasa Pura Investigasi Penyebab Pesawat Garuda Keluar Lintasan

Pencapaian tersebut ditandai dengan penyerahan certification renewal predikat "maskapai Bintang 5" Skytrax, yang diterima langsung oleh Direktur Utama Garuda Indonesia, Pahala N. Mansury dari Chief Executive Officer (CEO) Skytrax, Edward Plaisted di Singapore Airshow 2018 di Changi Exhibition Center, Kamis 8 Februari 2018.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Pahala N. Mansury, mengatakan, pencapaian ini mengukuhkan pencapaian Garuda Indonesia sebagai maskapai penerbangan kelas dunia. Sekaligus representasi kesuksesan konsep layanan keramahtamahan Indonesia di kancah global, dan memperkuat nation branding Indonesia di mata dunia.

Soal Putusan Sidang KPPU, Begini Tanggapan Dirut Garuda

“Keramahtamahan khas Indonesia serta konsep layanan Indonesian hospitality telah menjadi keunggulan kompetitif bagi Garuda Indonesia dalam merebut hati pengguna jasa di tengah persaingan yang semakin ketat di pasar internasional,” kata Pahala, seperti dikutip dari siaran persnya yang diterima VIVA.

Adapun certification renewal bintang lima ini merupakan hasil audit layanan menyeluruh “5 Star Follow-up Audit” yang dilaksanakan Skytrax sepanjang tahun 2016-2017. Penilaian meliputi seluruh aspek pelayanan, dari pre-flight, in-flight, dan post-flight, seperti kualitas pelayanan penumpang di bandara, kualitas ruang tunggu, kenyamanan kabin, sajian dalam pesawat, kualitas hiburan dalam pesawat, hingga layanan oleh awak kabin.

Garuda Indonesia Klarifikasi Isu Masker Awak Kabin Diganti Face Shield

Pada kesempatan tersebut, CEO Skytrax, Edward Plaisted, mengatakan bahwa keberhasilan Garuda Indonesia dalam mempertahankan predikat “Maskapai Bintang 5" merupakan wujud kerja keras tim di Garuda Indonesia dalam mempertahankan kualitas pelayanan.

Dari total lebih dari 200 maskapai penerbangan di seluruh dunia, hingga saat ini hanya terdapat 10 maskapai bintang lima. Di antaranya adalah Garuda Indonesia, Singapore Airlines, Cathay Pacific, EVA Air, Qatar Airways, Etihad, Asiana Airline, All Nippon Airlines, Hainan Airlines, dan Lufthansa.

Selain itu, selama empat tahun berturut-turut dari 2014 hingga 2017 Garuda Indonesia berhasil mempertahankan predikat “The World’s Best Cabin Crew” dari SkyTrax. Garuda Indonesia pada 2017 juga berhasil mempertahankan prestasi sebagai “The World’s Top 10 Airline” SkyTrax dengan menduduki peringkat ke-10.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya