Jelang Imlek Masyarakat Tionghoa Ritual Bersih Patung

Vihara Dharma Jaya Toasebio di Glodok, Jakarta
Sumber :
  • VIVA/Isra Berlian

VIVA – Jelang perayaan Imlek yang jatuh pada Jumat, 16 Februari pekan depan. Beberapa pengurus vihara Dharma Jaya Toasebio yang terletak di Jalan Kemenangan III, Glodok Jakarta Barat melakukan ritual membersihkan patung dewa dan dewi. 

Bikin Imlek Penuh Keberuntungan dengan 9 Bunga dan Tanaman Ini

Salah satu pengurus klenteng, Hartanto Wijaya, yang ditemui VIVA di lokasi menjelaskan, bahwa ritual pembersihan ini dilakukan sebelum datangnya tahun baru Imlek. Pembersihan ini juga disebut sebagai ritual kimsin. 

Dalam kepercayaan Tionghoa, ritual setahun sekali ini dilakukan pada tanggal 24 bulan 12 penanggalan China, di mana roh dewa dewi diyakini pergi ke langit untuk melaporkan amal perbuatan manusia di bumi selama setahun. 

Atraksi Barongsai Hingga Pameran Satwa Meriahkan Perayaan Imlek

"Karena saat ini patungnya kosong kita bersihkan, tapi nanti pada tanggal empat bulan satu penanggalan China, tiga hari setelah Imlek datang lagi, tugas lagi. Kita orang enggak berani bersihin (kalau rohnya sudah kembali)," kata dia di Jakarta, Jumat 26 Februari 2018. 

Ritual tersebut dilakukan dengan cara membasuh patung dengan air dan sabun kemudian dibilas lagi dengan air yang telah dicampur oleh beberapa jenis bunga dan kemudian dikeringkan menggunakan lap bersih.  "Biar bersih nanti juga akan dikembalikan ke tempatnya semula," kata dia. 

Cara Seru Merayakan Imlek Saat Pandemi

Dia melanjutkan, sebelum melakukan ritual ini pada malam harinya para pengurus yang akan memandikan patung dewa dewi akan melakukan sembahyang tepat pukul 12 malam.  "Sebelum ini jam 12 malam kami antar mereka (sembayang). Dalam sembayang itu juga kami minta keberkahan, kedamaian untuk tahun baru," ujarnya. 

Orang-orang yang memandikannya pun kata dia juga harus dalam keadaan bersih. Wanita tidak boleh dalam keadaan menstruasi dan laki-laki tidak boleh melakukan hubungan suami-istri sehari sebelumnya. "Dianjurkan wanita enggak boleh pas halangan, pria keramas, serta enggak 'nyampur' dulu," ujar dia. (mus)

 Viral Pengunjung Mal Padati Perayaan Imlek di Bandung

Viral Pengunjung Mal Padati Perayaan Imlek di Bandung

 Pengunjung mal padati perayaan Imlek di Festival Citylink Mall, Kota Bandung, Jawa Barat viral di media sosial

img_title
VIVA.co.id
3 Februari 2022