Pekan Depan Riau Gelar Perang Air, Traveler Wajib Datang

Festival Perang Air
Sumber :
  • Dinas Pariwisata Riau

VIVA – Tidak hanya keindahan alam, budaya yang beragam pun mampu menarik wisatawan untuk berkunjung ke Indonesia. Jika Anda berencana untuk menikmati wisata budaya guna mengisi libur pekan depan, mungkin bisa mengunjungi Provinsi Riau. 

Keren, Pertumbuhan Pariwisata RI Kalahkan Malaysia dan Thailand

Sebab, mulai pekan depan akan ada festival Perang Air atau yang disebut sebagai Cian Cui yang digelar selama sepekan penuh. Festival tahunan ini pun akan digelar di Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau. 

Kepala Dinas Pariwisata Riau, Fahmi, yang ditemui VIVA semalam, Senin 12 Februari 2018, di Gedung Sapta Pesona Jakarta menjelaskan bahwa perang air ini merupakan salah satu festival air yang hanya ada tiga negara di dunia. 

Tradisi Unik Hari Raya Idul Fitri di Riau

"Perang air yang di dunia cuman ada tiga loh. Ada di Myanmar, Thailand sama Indonesia. dan Indonesia itu satu minggu di Riau," tutur dia.

Dia memaparkan bahwa dalam kegiatan itu, nantinya ribuan orang akan berkumpul di sepanjang Kota Selatpanjang, Riau. Para pengunjung akan mempersiapkan berbagai peralatan dari rumah, seperti pistol air yang nantinya akan digunakan sebagai senjata untuk perang air itu.

Siapkan Diri Ikuti 67 Event Seru di Riau Sepanjang 2018

Setelah aba-aba perang dimulai, mereka yang hadir langsung melempar air yang sudah mereka siapkan sebelumnya. 

Permainan ini sangat seru untuk bermain bersama keluarga dan teman-teman. Meskipun seluruh pakaian dan badan basah kuyup diguyur air, para pengunjung dipastikan akan merasa gembira.

"Mereka perang air, mandi-mandi, lempar air, siram-siraman, dan mereka senang melakukan itu," jelas dia. 

Dia pun menjelaskan pada tahun lalu, kegiatan ini dilakukan sekaligus memperingati Imlek dan berhasil menarik 30 ribu wisatawan. "Mereka senang," ujar dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya