Waitomo Glowworm Caves, Gua Cantik Penuh Cacing Bercahaya

Waitomo Glowworm Caves, Selandia Baru.
Sumber :
  • waitomo.com

VIVA – Selandia Baru terkenal sebagai salah satu negara yang punya keindahan alam yang menakjubkan. Salah satu 'keajaiban' alam yang bisa Anda saksikan saat berkunjung ke Negeri Kiwi ini adalah Glowworm Caves, gua di Waitomo, Pulau Utara yang dipenuhi dengan glowworm alias cacing bercahaya.

7 Destinasi Lokasi Syuting Film dengan Budget Besar yang Wajib Dikunjungi di Dunia

Ini merupakan spesies cacing unik yang hanya ada di Selandia Baru. Namanya adalah Arachnocampa luminosa. Cacing dewasanya seukuran nyamuk rata-rata.

Gua ini juga merupakan bagian dari kumpulan gua-gua di Waitomo yang juga terdiri dari Ruakuri Cave dan Aranui Cave.

Sri Mulyani Bertemu Menkeu Selandia Baru, Ini yang Dibahas

Saat VIVA berkunjung ke Selandia Baru beberapa waktu lalu, dalam rangka memenuhi undangan dari Tourism New Zealand (TNZ), kami diajak singgah ke gua istimewa ini. Saat Anda membeli tiket, Anda akan langsung dikelompokkan ke dalam grup-grup dengan wisatawan lain. Satu orang pemandu wisata juga akan disediakan untuk tiap grup.

Kala itu, sebelum masuk ke dalam gua, kami difoto terlebih dahulu oleh petugas. Nantinya, foto Anda akan di-edit dan diberi latar belakang gua, seakan-akan Anda sedang berfoto di dalamnya. Anda kemudian bisa membeli foto Anda di toko suvenir.

Deretan Negara yang Memiliki Work Life Balance Terbaik di Dunia, Adakah Indonesia?

Itu, karena Anda tidak diperkenankan untuk mengambil gambar menggunakan ponsel atau kamera di dalam gua. Ditakutkan, penggunaan flash akan mengganggu spesies glowworm. Sedangkan mengambil gambar tanpa flash akan percuma, karena gua sengaja dibiarkan dalam kondisi gelap gulita.

Pemandu wisata akan membawa senter untuk membantu penerangan anggota grupnya. Maklum, di dalam gua lantainya licin dan basah. Anda juga akan turun naik tangga mengeksplor seluruh gua.

Waitomo Glowworm Caves, Selandia Baru.

Sampai di dalam, kami akhirnya melihat cacing bercahaya yang ada di dinding-dinding gua yang berlubang. Yang membuat pengalaman benar-benar menarik adalah ketika kami di minta naik ke perahu untuk menyusuri sungai di bawah gua.

Kami pun benar-benar terpana dengan banyaknya cacing bercahaya yang ada di langit-langit gua. Cahaya mereka berpendar layaknya bintang-bintang di angkasa. Jumlahnya mungkin bukan cuma ratusan, namun ribuan.

Saat menaiki kapal itu, kami hanya menengadah ke atas menikmati pemandangan cantik yang jarang ditemukan. Hanya ada glowworm di tengah kondisi gua yang gelap gulita. Pengunjung juga tidak diperbolehkan bersuara keras.

Suasana yang sunyi senyap dan gelap, dengan pemandangan cahaya dari tubuh cacing-cacing tadi membuat kami serasa berada di galaksi lain.

Waitomo Glowworm Caves, Selandia Baru.

Bagi yang tertarik untuk berkunjung, tiket untuk orang dewasa dihargai sebesar NZ$51 (Rp508 ribu) dan anak-anak seharga NZ$23.5 (Rp234 ribu). Memang terbilang mahal. Namun, dijamin layak jika dibandingkan dengan pengalaman menakjubkan yang akan Anda dapatkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya