Tansaran Bidin, Air Terjun Tersembunyi di Hutan Aceh

Air terjun Tansaran Bidin di Aceh
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dani Randi

VIVA – Bumi Serambi Mekah, Aceh, seolah tiada habisnya untuk ditelusuri. Di berbagai daerah, masih menyimpan berbagai tempat wisata alami, karena belum banyak orang yang mengetahuinya. Seperti Air Terjun Tansaran Bidin yang tak hanya menawarkan keindahan air terjun, tetapi juga panorama alam sekitar yang masih natural dan alami.

Aceh Siapkan 110 Event Wisata di 2020 Demi Gaet 3 Juta Wisatawan

Air terjun ini terletak di Desa Wonosari, Kecamatan Bandar, Kabupaten Bener Meriah, Aceh. Butuh waktu sekitar 2 jam perjalanan darat dari kota Bener Meriah untuk sampai ke Desa Wonosari menggunakan kendaraan. Dan dilanjutkan sekitar 20 menit berjalan kaki melewati semak belukar dan perkebunan warga untuk menuju lokasi air terjun.

Sepanjang jalan, pengunjung disuguhkan pepohonan hijau dan deretan tebing yang cukup indah. Meski terjal, pengunjung juga harus berhati-hati agar tidak terpeleset. Sebab, sepanjang jalan hanya ada jalan setapak yang bisa dilalui wisatawan untuk menuju ke air terjun Tansaran Bidin.

‘Aceh Halal Tourism’, Branding Baru Pariwisata Aceh

Petunjuk arah juga tidak ditemukan. Sehingga, pengunjung harus di temani oleh warga sekitar, atau yang sudah mengetahui lokasi air terjun. Namun, perjalanan panjang tersebut terbayar dengan keindahan alam air terjun tersebut. 

Sesampainya di lokasi, pengunjung akan disuguhkan panorama air terjun Tansaran Bidin yang cukup eksotis. Dengan tingginya yang mencapai 50 meter, pengunjung akan merasakan suara gemuruh air yang seolah menarik untuk segera menikmatinya.

Mampir Yuk ke Buntul Rintis, Tempat Wisata yang Instagramable di Aceh

Di lokasi ini, pengunjung bisa berenang, bermain air, mandi dan juga merasakan dingin dan segarnya air di tempat wisata ini.

Bebatuan sungai serta tebing yang kokoh berdiri menjadi penghias alami air terjun Tansaran Bidin. Tempat ini begitu alami, sehingga cocok bagi Anda yang ingin bersantai serta menghilang sejenak dari aktivitas sehari-hari.

Jika ingin mengunjungi objek wisata ini, wisatawan juga disarankan membawa bekal minuman dan makanan. Sebab, di lokasi ini tidak ada satupun warung yang menjajakan makanan. Apalagi tempat menginap, toilet dan musala. Karena lokasinya di belantara hutan Aceh.

Air terjun Tansaran Bidin di Aceh ini memang dikenal sebagai destinasi wisata yang menantang. Mereka yang datang ke sini kebanyakan adalah para petualang dan pencinta alam yang ingin menikmati keindahan air terjun ini.

Seorang traveller asal Kota Banda Aceh, Muhammad Fadhil sudah cukup lama memendam hasratnya untuk pelesiran ke air terjun Tansaran Bidin, dan baru beberapa hari lalu kesampaian.

Baginya, air terjun setinggi 50 meter itu mempunyai keunikan tersendiri. “Panorama alamnya luar biasa dan menarik. Meskipun harus menempuh dengan berjalan kaki,” ungkapnya pada VIVA.

Suasana yang masih natural ini akan membuat pengunjung merasa tenang. Bagi para pecinta media, Tansaran Bidin bisa jadi pilihan spot foto yang menarik dengan background air terjun yang sangat tinggi.

Air terjun Tasaran Bidin di Aceh

Air Terjun Tansaran Bidin di Aceh. Foto: VIVA.co.id/Dani Randi
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya