Menikmati Sisi Lain Eropa Dengan Berkunjung ke Dublin 

Dublin Castle, Irlandia
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Eropa menjadi salah satu destinasi impian untuk dikunjungi oleh masyarakat luas. Umumnya negara yang populer dikunjungi seperti Inggris, Prancis, Italia, hingga Spanyol. 

Seru Nih, Lokasi Syuting Game of Thrones Bakal Jadi Tempat Wisata

Kebanyakan wisatawan mencari keindahan alam, kebudayaan, makanan hingga suasana kota abad pertengahan Eropa. Selain keempat negara tersebut, Irlandia bisa menjadi alternatif untuk menikmati perpaduan budaya modern Eropa dan abad pertengahan. Tidak hanya itu, masyarakat setempatnya pun dikenal ramah sehingga membuat Anda merasa nyaman ketika berada di sana.

Ketika mengunjungi Irlandia, daerah yang bisa Anda jelajahi adalah Dublin, yang merupakan ibu kota Irlandia. Lalu, apa saja yang bisa dilakukan di sana? Berikut ini 5 rekomendasi wisata di Dublin, seperti dilansir dari berbagai sumber.

Waterford, Kota Abad Pertengahan Irlandia yang Indah

1. Dublin Castle

Cork, Kota Sejarah dan Belanja yang Memukau

Bagi para pecinta wisata sejarah, Dublin Castle bisa menjadi pilihan utama. Kastel berusia ratusan tahun ini merupakan salah satu bangunan terpenting dalam sejarah Irlandia. Sebab kastel ini merupakan pusat pemerintahan Inggris dan Irlandia selama berabad-abad.

Anda bisa mengikuti tur menjelajahi kastel, menyusuri setiap ruangan di bangunan ini, melihat relik dari Viking, hingga menjelajahi kamar para bangsawan. Dan, jangan lupa untuk memasuki kapel di sana yang memiliki desain interior gothic mengagumkan.

Bagi Anda para pecinta alam lokasi ini memiliki taman Dubh Linn dengan bentang alam, yang cantik serta bunga dan tanaman berwarna-warni.

2. Kilmainham Gaol

Kilmainham Gaol dibangun pada 1796 dan digunakan sebagai penjara sampai 1924. Penjara ini diketahui diisi oleh revolusioner terkenal Irlandia, termasuk para pemimpin dari Easter (Padraig Pearse, Joseph Plunkett dan Thomas Clarke) pun sempat menjadi penghuni penjara tersebut di tahun 1916.

Namun, kini penjara terkenal di Dublin ini telah menjadi sebuah museum sejarah Irlandia dan dianggap sebagai salah satu museum terbaik di Dublin. Anda bisa menyusuri galeri seni di lantai atas yang menampilkan lukisan, patung dan perhiasan yang dibuat para tahanan di penjara. 

3. National Botanical Garden 

Taman ikonik di Dublin yang didirikan pada 1795 ini memiliki lebih dari 15.000 spesies bunga dari berbagai negara di seluruh dunia. Di sini juga terdapat rumah kaca yang berfungsi untuk konservasi.

Kebun raya ini adalah rumah bagi lebih dari 300 spesies tumbuhan langka dari seluruh dunia termasuk enam spesies, yang sudah punah di alam bebas.

4. Powerscourt Townhouse

Pusat perbelanjaan Kota Powerscourt Townhouse dibuka pada 1981. Dulu area ini dibangun sebagai rumah dan kantor untuk Lord Powerscourt, Richard Wingfield 3rd Viscount di tahun 1730-1788, dan diubah menjadi sebuah pusat perbelanjaan tiga lantai. 

Tempat itu kini berisi 42 toko termasuk toko perhiasan, toko fesyen, parfum, bunga, salon rambut dan kecantikan, dan toko hadiah, butik, galeri, serta berbagai restoran, bar dan kafe. Tempat ini juga sering menyelenggarakan pameran seni dan desain. Dan setiap dua kali dalam setahun, pusat ini menyelenggarakan peragaan busana untuk mempromosikan industri mode Irlandia.

5. Christ Chruch Cathedral Dublin

Terletak di pusat kota Dublin, gereja katedral kristus ( Katedral Tritunggal Mahakudus) merupakan salah satu gereja yang memiliki sejarah budaya yang kaya dari bangsa Viking dan Anglo-Normandia.

Gereja yang dibangun sejak tahun 1030 ini terkenal sebagai salah satu lokasi makam Strongbow, seorang rekan sejawat Norman-Welsh abad pertengahan, dan panglima perang yang datang ke Irlandia atas permintaan Raja Diarmuid MacMurrough. Ruang bawah tanah gereja juga diketahui berisi berbagai monumen dan fitur sejarah, termasuk, ukiran sekuler tertua di Irlandia, dua patung akhir abad 18 sebuah tabernakel dan seperangkat lilin, yang digunakan saat katedral terakhir dioperasikan di bawah ritus Romawi. (mus)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya