Sembilan Tanda Anda Butuh Liburan

Ilustrasi liburan
Sumber :
  • Pexels/Pixabay

VIVA – Padatnya aktivitas pekerjaan terkadang membuat orang lupa untuk berlibur. Padahal, waktu berlibur dibutuhkan setiap pekerja untuk membuat pikiran dan tubuh mereka kembali rileks menghadapi pekerjaan.

7 Tips Persiapkan Perjalanan Udara Tanpa Masalah

Sebuah survei yang dilakukan oleh perusahaan asuransi perjalanan Allianz Global Assistance pada bulan Agustus 2017 menemukan, 48 persen dari millennial tidak menggunakan semua waktu luang mereka.

Dalam survei sebelumnya Allianz mengungkapkan, bahwa 53 persen orang Amerika telah menjalani satu tahun atau lebih tanpa liburan, dan 37 persen melewati waktu lebih dari dua tahun tanpa liburan.

6 Buku Terbaik untuk Menemani Anda dalam Berlibur

Dilansir dari laman Travel and Leisure, Fortune melaporkan, bahwa dua per tiga karyawan yang disurvei menyatakan, budaya perusahaan mereka kontradiktif, mengecilkan hati,  jika akan mengajukan cuti. Namun, pentingnya liburan tidak bisa diabaikan.

Penelitian dari Psychology Today Research menunjukkan, bagaimana liburan dapat mengurangi tingkat stres, dan 81 persen manajer setuju bahwa liburan mengurangi kelelahan, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan fisik dan emosional yang serius jika diabaikan.

Liburan 5 Seleb saat Lebaran, Mulai Korea hingga Malang

Untungnya, kelelahan bisa dihindari jika Anda belajar mengenali tanda-tandanya. Berikut adalah sembilan gejala paling umum dari kelelahan. Sembilan tanda ini pun dapat disinyalir memberikan gambaran Anda membutuhkan liburan.

1. Anda memiliki perasaan negatif

Anda merasa bosan dan mengalami kesulitan untuk mengumpulkan motivasi untuk menyelesaikan pekerjaan Anda. Semua orang dan segala hal tentang pekerjaan Anda mengganggu Anda, dan Anda merasa tidak puas atau terpenuhi ketika harus mengerjakan pekerjaan sehari-hari dan keseluruhan rencana karier. Jika pikiran negatif ini meresap ke dalam kehidupan pribadi Anda, inilah saatnya untuk beristirahat.

Wanita alami stres bekerja.

2. Anda sedang sakit

Bila Anda merasa cemas atau kewalahan saat bekerja, otak Anda melepaskan hormon stres sebagai respons "fight-or-flight" (melawan atau melarikan diri) terhadap apa pun yang menyebabkan stres. Seiring waktu, konsekuensi fisiologis dari reaksi kimia. Seperti peningkatan denyut nadi, tekanan darah, berkeringat. Tidak hanya itu, hal ini bisa lebih parah seperti nyeri dada, sakit punggung, ketegangan mata, sakit kepala, masalah gastrointestinal, pusing, dan pingsan.

Kelelahan yang datang dengan beban kerja yang berat juga bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh Anda dan membuat Anda lebih rentan terhadap virus flu, flu, dan infeksi.

3. Kesulitan tidur

Hormon stres yang sama juga bisa membuat sulit untuk tidur. American Psychological Association melaporkan bahwa sepertiga kaum millennial tidak mendapatkan delapan jam tidur yang disarankan setiap malam, karena mereka tidak mempunyai waktu. Sementara sepertiga lainnya tidak dapat tertidur, karena mereka terlalu banyak memikirkannya.

4. Kinerja menurun

Dr David Ballard, PsyD, mengatakan kepada Forbes, "ketika stres menjadi kronis, fokus yang sempit ini berlanjut untuk waktu yang lama dan kita mengalami kesulitan memperhatikan hal-hal lain."

Kinerja Anda di tempat kerja mungkin akan mulai menurun. Fokus mengganggu ingatan dan juga kemampuan memecahkan masalah, serta pengambilan keputusan Anda.

5. Anda menggunakan mekanisme penanganan yang tidak sehat

Jika Anda mendapati diri Anda sering mengonsumsi segelas anggur untuk bersantai, atau bahkan mengonsumsi makanan cepat saji dan makanan ringan manis, Anda mungkin menderita kelelahan. Pada akhir hari yang panjang, Anda mungkin juga terlalu lelah untuk berolahraga, dan akhirnya hanya menonton TV.

6. Anda terlibat dalam perilaku kerja yang kontraproduktif

Anda mungkin tidak secara aktif mencoba untuk merugikan perusahaan Anda. Tetapi jika Anda merasa stres, Anda mungkin secara tidak sadar terlibat dalam perilaku yang dapat berdampak negatif terhadap produktivitas atau kinerja Anda.

Apakah Anda mengalami kesulitan menarik diri dari tempat tidur di pagi hari untuk sampai di kantor tepat waktu? Atau Anda merasa sangat mudah tersinggung? Mungkin sudah saatnya meluangkan waktu untuk berlibur.

Pria stres bekerja.

7. Sulit mengatasi masalah kecil

Proyek yang dulunya mudah ditangani mungkin tidak terlalu mudah lagi, dan kebiasaan kecil rekan kerja Anda mungkin mengubah suasana hati buruk

Michael Kerr, pembicara bisnis internasional dan penulis "The Humor Advantage" mengatakan kepada Insider Bisnis: "Kurangnya perspektif yang sehat mengenai isu pasti merupakan pertanda yang Anda butuhkan untuk mengkalibrasi ulang pengaturan mental Anda."

8. Pekerjaan telah menjadi hidup Anda

Anda bekerja sepanjang hari dan kemudian Anda pulang ke rumah dan memikirkan pekerjaan lagi. Anda bahkan telah melepaskan hobi dan aktivitas favorit, karena telah memberikan semua waktu untuk bekerja dan terlalu lelah untuk melakukan hal lain. Percakapan dengan teman dan keluarga Anda pun cenderung berputar di sekitar pekerjaan.

9. Anda mengalami masalah interpersonal

Anda sangat stres sehingga melampiaskan frustrasi, gangguan, dan keluhan terhadap teman, keluarga, dan rekan kerja Anda. Di sisi lain, Anda mungkin menarik diri dari semua orang-orang terdekat. Dan pekerjaan Anda mungkin menghalangi Anda dari orang-orang yang dapat mengalihkan pikiran Anda dari pekerjaan. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya