Pentingnya Punya Asuransi Saat Traveling

Ilustrasi asuransi perjalanan
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Perjalanan wisata kini telah menjadi bagian gaya hidup masyarakat luas. Melalui perjalanan wisata ini, seseorang bisa merelaksasi pikiran dan hati dengan menikmati pemandangan pegunungan, pantai hingga atraksi daerah setempat.

Tips untuk Perempuan yang Baru Pertama Kali Lakukan Solo Traveling

Hanya saja dalam melakukan perjalanan wisata masih banyak wisatawan yang tidak memiliki asuransi perjalanan. Padahal, menurut Direktur Insure MyTrip.com, Lynne Peters, asuransi perjalanan menawarkan jaminan perlindungan selama berlibur.

Asuransi dapat membantu Anda menjamin perjalanan liburan supaya lebih aman, dan nyaman bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Tips Traveling Aman di Masa Pandemi

"Ini memberikan berbagai manfaat, termasuk pembatalan perjalanan, gangguan perjalanan, pertanggungan darurat, evakuasi medis darurat, 24 jam bantuan darurat, keterlambatan perjalanan dan perlindungan bagasi," kata dia, seperti yang dikutip dari laman Forbes.

Tidak hanya itu, dia menjelaskan bahwa asuransi perjalanan dapat menawarkan penggantian penuh atau uang saku, jika tas Anda hilang, dicuri, rusak. Selain itu, saat Anda melakukan perjalanan saat kondisi alam atau cuaca memburuk. 

Doyan Traveling, Tips Luna Maya Liburan Murah Dapat Fasilitas Mewah

Dengan adanya asuransi, Anda pun tidak akan kehilangan uang yang dikeluarkan untuk berlibur. Sebab, biasanya asuransi perjalanan akan mengganti uang Anda, walaupun dipotong beberapa persen.

Ilustrasi traveling atau travel.

"Kebijakan pengembalian dana biasanya terbatas. Beberapa kode tarif tidak dapat dikembalikan," tuturnya.

Dia pun memberikan saran kepada masyarakat, untuk cermat dalam memilih asuransi perjalanan termasuk klaim pembatalan perjalanan dengan alasan spesifik. Klaim itu seperti sakit atau cedera sebelum Anda pergi, kematian anggota keluarga atau bahkan bencana, seperti angin topan atau gempa.

"Pastikan membaca dengan baik kebijakan untuk mengetahui secara pasti apa yang tercakup dan mana yang tidak," kata Peters.

Di sisi lain, ada beberapa kategori yang membuat klaim asuransi itu tidak berhasil dicairkan, salah satunya adalah kecelakaan akibat di bawah pengaruh alkohol.

"Jadi, ada kemungkinan Anda tidak akan mendapatkan klaim asuransi, karena berada di bawah pengaruh alkohol," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya