Sampah Menumpuk di Pantai Bali, Bikin Turis Ogah Berkunjung

Sampah Menumpuk di Pantai Kuta Bali
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

VIVA – Permasalahan sampah di Indonesia cukup pelik. Pada tahun 2017 lalu Indonesia berada di posisi kedua sebagai negara penyumbang sampah plastik terbesar di dunia. 

Hebat! Seekor Anjing Bersihkan 250.000 Sampah di Pantai Selama 2 Tahun

Bali, menjadi salah satu kota yang akhir-akhir ini dirundung masalah akibat beberapa pantainya tercemar sampah. 

Peneliti Sustainable Waste Indonesia Dini Trisyanti menyebut bahwa  pencemaran sampah laut-laut Bali 80 persennya berasal dari darat. Ternyata kondisi itu berpengaruh pada industri pariwisata di Bali, mengingat Bali menjadi salah satu magnet pariwisata dunia. 

Aktris Kim Yoo Jung Pakai Gaun Berbahan Sampah

"Pernah waktu itu ada forum yang membahas bahwa turis asing enggak mau ke Bali karena sampah," ungkap dia saat ditemui dalam acara diskusi publik dengan tema Kerja Bersama untuk Indonesia Bersih di Kawasan Menteng Jakarta Pusat. 

Wow, Ada Superhero Bersihkan Pantai di Bali

Game MMORPG Tarisland Siap Menggebrak, Ada Streamer Indonesia

Tidak hanya itu, tercemarnya pantai di Bali pun berdampak pada eksosistem laut di sana. Dia menyebut, salah satunya adalah terganggunya kehidupan penyu-penyu di sana. 

Untuk itu, kata dia perlu adanya tindakan nyata dan inovasi untuk menangani pencemaran di darat secara nyata. Mulai dari sosialisasi program isu sampah di perkampungan, pendampingan bisnis daur ulang, kerja bakti, dan kampanye Save Bali Beach

Untuk diketahui, sebelumnya dia mengutarakan bahwa setiap harinya setidaknya ada 2.500 ton sampah di Bali. Perhitungan itu, kata dia hanya berasal dari sampah rumah tangga.

"Kalau terkait data kuantitatif masih kami verifikasi, ada beberapa kondisi yang tidak sama di Bali dengan kota lain karena banyak di Bali selain populasi penduduk tapi juga banyak turis. Jadi analisis kami yang sifatnya kuantitatif belum. Tapi kalau dari populasi dapat angka 2.500 ton per hari dari populasi saja tapi di bali kan bukan hanya dari warga dan hipotesis kami jauh lebih dari itu," jelas dia. 

Pantai Peninsula Island Nusa Dua Bali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya