Ini Dia Maladewa-nya Indonesia, Tak Kalah Indah

Kepulauan Widi
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Indonesia menjadi salah satu surga bagi para pecinta dunia bawah laut. Indonesia punya perairan dalam yang diisi oleh beragam terumbu karang indah dan penghuni laut yang menakjubkan.

Kepulauan Widi Dilelang, Kemendagri Dalih Hanya untuk Investasi Bukan Dijual

Salah satu pulau terindah yang kini tengah diperbincangkan adalah Kepulauan Widi yang terletak di Kabupaten Haahera Selatan, Maluku Utara. Pulau itu memiliki hamparan pasir putih yang luas, terumbu karang yang indah, hingga air laut yang jernih kebiruan. 

Tidak sedikit yang menyebut, kepulauan ini sebagai Maladewanya Indonesia. Lalu apa saja yang bisa dilakukan ketika berada di Kepulauan Widi? Berikut ini delapan hal seru seperti dilansir dari laman The Culture Trip.

KKP Pastikan Pengelola Kepulauan Widi Belum Kantongi PKKPRL

1. Menyelam

Fakta-fakta Kepulauan Widi Maluku Utara yang Akan Dilelang Situs Asing

Kepulauan Widi berada di jantung segitiga koral terbaik dunia, yang terkenal dengan keanekaragaman hayati bawah laut. Jadi selama menyelam di sana, kita bisa menikmati keindahan terumbu karang yang spektakuler. Jika ingin melakukan penyelaman, lokasi terbaik di pulau ini adalah di Nusa Raa.

2. Berkuliner mencicipi hidangan laut

Menikmati makanan laut segar di kepulauan ini menjadi pengalaman yang tidak boleh dilewatkan. Karena mayoritas penduduk sekitar berprofesi sebagai nelayan, maka Anda bisa menikmati makanan laut segar yang dipasok setiap hari oleh mereka. Beberapa hidangan laut yang rekomendasi di sini antara lain tuna, ikan kakap merah hingga marlin.

3. Memancing

Kenakeragaman biota laut yang melimpah membuat Kepulauan ini menjadi tujuan memancing yang populer. Di sini Anda bisa memiliki pengalaman seru ketika memancing, mengingat setiap harinya ada memiliki kesempatan tinggi untuk menangkap sesuatu yang baru. Tempat ini juga disebut-sebut sebagai pasarnya ikan.

4. Menjelajahi Pulau-Hop

Kepulauan Widi terdiri dari 99 pulau, kebanyakan dari pulau itu relatif tidak tersentuh dan tidak berpenghuni. Pulau tersebut juga memiliki tiga atol. Bila cuaca cerah, wisatawan bisa naik kapal untuk menikmati pemandangan indah dari kepulauan yang megah, atau mampir untuk menjelajahi pantai berpasir putih yang belum terjamah dengan tanaman hijau tropis yang rimbun.

5. Menyaksikan kelompok burung terbang

Kawasan Timur Indonesia memiliki spesies burung langka, yang tak terhitung jumlahnya, dan satwa liar lainnya yang luar biasa menjadikan kawasan ini tempat yang tepat untuk mengamati burung di Indonesia. Kepulauan Widi merupakan habitat bagi banyak spesies, termasuk Maluku Gosong. Karena keadaan alami yang masih perawan, membuat Anda tidak sulit menemukan berbagai burung berkeliaran.

6. Jelajahi pantai terbaik

Sejauh ini, ada 102 titik pesisir yang berpotensi untuk dikembangkan, menurut pihak berwenang setempat. Banyak tempat tersebut berada di Pulau Nusa Raa dan Pulau Widi yang utama. Pantai Umamoy adalah salah satu tempat paling populer untuk melakukan aktivitas pantai yang seru, seperti berenang, snorkeling, berjemur atau hanya berbaring di atas pasir putih lembut, dan bersantai.

7. Jelajahi Pulau Daga

Di sini, wisatawan bisa menjelajahi desa nelayan dan gubuk tepi laut. Banyak penduduk lokal yang menawarkan rumah mereka sebagai homestay atau rumah singgah bagi wisatawan. Pulau Daga juga memiliki beberapa pantai yang menakjubkan, bersama dengan pemandangan matahari terbit yang terbaik.

8. Beli ikan asin

Jika Anda ingin melibatkan diri dalam kehidupan dan kebiasaan penduduk setempat, cobalah makan ikan asin di sini. Ikan asin merupakan langkah untuk mengawetkan ikan dengan cara membumbui ikan dengan garam, lalu mengeringkannya di bawah sinar matahari. 

Anda juga bisa mengemasi beberapa ikan untuk dibawa pulang. Satu kilo ikan asin harganya kurang Rp39 ribu. Dengan membeli ikan asin Anda juga akan berkontribusi pada ekonomi lokal.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya