Paspor Singapura dan Jepang Paling Sakti Sedunia, Indonesia?

Ilustrasi paspor.
Sumber :

VIVA – Paspor Singapura telah mengalahkan Jerman di posisi teratas sebagai negara pemilik paspor terkuat di dunia bersama dengan Jepang.

Nasabah Bisa Urus Biaya Paspor hingga Haji Khusus via Aplikasi Muamalat DIN

Dilansir dari laman Staraits Time, Jumat, 2 Maret 2018, warga Singapura dan Jepang bisa masuk ke 180 negara tanpa visa kunjungan. Itu menjadikan kedua negara tersebut sebagai pemegang paspor paling kuat di dunia, menurut Henley Passport Index. Padahal sebelumnya, Jerman lah yang menjadi negara dengan paspor paling sakit di dunia.

Perubahan peringkat itu terjadi setelah Uzbekistan mencabut persyaratan visa untuk warga Singapura dan Jepang awal bulan Februari 2018.

Terungkap! 7 Negara Ini Punya Paspor "Terlemah" di Dunia, Sering Ditolak Masuk Negara Lain!

Sedangkan pemegang paspor Jerman kini hanya bisa mengunjungi 179 negara di seluruh dunia tanpa visa. Posisi tiga ditempati oleh Prancis, Italia, Spanyol, Denmark, Finlandia, Swedia dan Korea Selatan dengan 178 negara bebas visa.

Transformasi Pengalaman Traveling: Kolaborasi Garuda Indonesia dan UOB dalam Lifestyle & Pariwisata

Untuk tahun ini, Inggris turun dari posisi ketiga ke posisi keempat karena paspor warganya hanya bisa memberikan akses bebas visa ke 177 tujuan.

Amerika Serikat sendiri tetap berada di tempat kelima, dengan akses bebas visa ke 176 tujuan. Sementara itu, baik Rusia dan China telah naik peringkat, dengan Rusia naik tiga tempat ke posisi 45 dan China naik 11 peringkat ke peringkat ke-74.

Dalam survei itu diketahui bahwa posisi empat terbawah ditempati oleh Pakistan, Suriah, Irak dan Afghanistan, yang masing-masing memiliki akses bebas visa hanya ke 30 tujuan ke bawah.

Indonesia sendiri memiliki akses bebas visa ke 70 negara dan menempati peringkat 69. Di regional Asia Tenggara, paspor Indonesia berada di peringkat keenam. Sementara peringkat keduanya adalah Malaysia, diikuti dengan Brunei Darussalam, Timor Leste dan Thailand, berturut-turut di peringkat tiga, empat dan lima.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya