Menilik Transportasi Sepeda di Kota Taoyuan

Sepeda untuk transportasi publik di Taouyuan, Taiwan
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Lis Yuliawati

VIVA – Sejumlah sepeda berwarna oranye berjajar di salah satu sudut halaman di Hotel Orchard Park, Taoyuan, Taiwan. Bagian depan sepeda dilengkapi dengan keranjang warna hitam. Pada bagian belakangnya  ada tulisan "U bike".

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi

Tak hanya di lokasi tersebut. VIVA menyaksikan sepeda serupa juga ada di beberapa tempat lainnya di kota itu. Ternyata, sepeda-sepeda itu memang disediakan pemerintah setempat untuk transportasi publik

Menurut Lu Shang Pao, pemandu wisata, sepeda boleh disewa oleh masyarakat yang ingin menggunakannya. Pengguna hanya perlu bayar NT$5 atau sekitar Rp2.500 untuk memakainya selama setengah jam. 

Selebgram Meli Joker Bunuh Diri, Pemuda Indonesia Disebut Rentan Alami Gangguan Mental

Jika pengguna membutuhkan lebih dari setengah jam, mereka dapat menambah biaya sewanya. Pengguna dapat memakainya untuk transportasi publik ke stasiun atau tempat lainnya. 

Mereka tak perlu mengembalikan sepeda ke lokasi semula. Sepeda diyakini tidak akan hilang. "Sepeda bisa ditaruh di tempat penyewaan sepeda lainnya," ujar Lu kepada VIVA dan sejumlah media lainnya saat mengunjungi kota Taoyuan, Jumat, 2 Maret 2018.   

Survei LSI: Tingkat Kepuasan Publik pada Jokowi Naik 76,2 Persen

Taoyuan merupakan sebuah kota di barat laut Taiwan. Kota dengan luas 1.200 km persegi itu berpenduduk sekitar 3 juta orang. 

Awalnya, wilayah ini merupakan kota satelit. Kemudian berkembang menjadi kota metropolitan keempat terbesar di Taiwan. Di kota ini terdapat bandara udara Taipei Taoyuan International Airport.

Masyarakat gunakan kereta api saat mudik Lebaran 2024 (dok: KAI)

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

Masyarakat baru saja merayakan Puasa Ramadan dan Lebaran Hari Raya Idul Fitri 2024, pada momen itu mayoritas masyarakat menjalankan tradisi mudik ke kampung halaman. Dari

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024