Festival Komodo Mau Bikin Labuan Bajo Makin Go International

Teater pembuka Festival Komodo
Sumber :
  • VIVA/Vera Bahali

VIVA – Festival Komodo yang digelar di Lapangan Kampung Ujung, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) sudah dibuka Senin malam, 5 Maret 2018. Festival yang kini ditetapkan sebagai salah satu festival nasional ini akan berlangsung hingga 10 Maret 2018 mendatang.

Liburan Lebaran ke Labuan Bajo: Tak Perlu Khawatir, Ini Jaminan Pemerintah!

Ketua Panitia Festival Komodo 2018 Theo Suhardi mengatakan, pelaksanaan festival ini bertujuan agar pariwisata Komodo semakin go international. Dia menargetkan, festival ini bisa menarik jumlah kunjungan turis mancanegara ke Labuan Bajo mencapai 500 ribu orang pada 2019.

Pada akhirnya, dia berharap, meningkatnya kunjungan turis asing ini berkorelasi positif pada meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal. Sementara dalam festival kali ini dihadirkan sejumlah barang kerajinan dan makanan khas NTT.

Cari Madu, Warga Rinca Manggarai Barat Digigit Komodo

"Terdapat pameran kerajinan dan makanan khas daerah. Ini sebagai usaha promosi usaha masyarakat dan mempertemukan pembeli dengan pengusaha," kata Theo di Labuan Bajo, Senin, 5 Maret 2018.

Labuan Bajo Siap Sambut Wisatawan! Temukan Peluang Baru di Webinar Outlook Kepariwisataan NTT

Dalam pembukaan festival kemarin, dilakukan pertunjukan seni yang diisi dengan berbagai tarian tradisional, di antaranya Tari Tenun Empat Etnis yang dibawakan sejumlah pelajar dari Rumah Kreasi Labuan Bajo. Selain itu, beberapa pertunjukan lain, seperti teater dan paduan suara.

Festival ini juga diisi dengan berbagai acara, seperti pameran  dan lomba menghias serta mendayung sampan. Di festival ini, ada sekitar 20 stan yang disediakan pemerintah untuk pameran.

Laporan: Vera Bahali, Labuan Bajo

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya