Harga Tiket Pesawat Pasti Melonjak Saat Mudik, Ini Solusinya

Ilustrasi-Penumpang pesawat
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

VIVA – Perusahaan pencarian travel dunia, Skyscanner memprediksi jika para pemudik telah melakukan pemantauan harga tiket enam bulan sebelum tanggal keberangkatan. Mereka yakin, pemudik sangat haus akan informasi tiket mudik, khususnya pesawat.

Fourtwnty Tutup Jakarta Lebaran Fair dengan Manis 

Data yang diungkap oleh Skyscanner, dengan jumlah pemudik yang mencapai 19-25 juta orang setiap tahunnya, mudik Lebaran merupakan suatu momen yang tak terelakkan di Indonesia. Tidak heran jika Lebaran juga identik dengan kenaikan harga tiket yang cukup signifikan.

"Lebaran tahun lalu, harga tiket penerbangan menuju beberapa kota di Indonesia naik lebih dari 70 persen. Ini membuktikan jika pemudik memang dirasa perlu untuk memantau harga tiket penerbangan secara teliti, baik dari segi harga maupun ketersediaan," ujar Yulianto Balawan, Senior Marketing Manager dari Skyscanner Indonesia, dalam keterangannya, Selasa, 6 Maret 2018.

Status Gunung Ruang Turun Jadi Siaga, Bandara Sam Ratulangi di Manado Kembali Beroperasi

Dikatakannya, tahun lalu, harga tiket ke Jakarta naik hingga 73 persen. Sementara untuk kota lain seperti Bali naik hingga 80 persen, Padang naik 74 persen, Palembang 79 persen, dan Malang juga naik hingga 79 persen. Oleh karena itu, untuk menghindari kelangkaan tiket mudik, disarankan untuk melakukan pemesanan jauh-jauh hari sebelum Lebaran, yang tahun ini jatuh pada tanggal 15-16 Juni 2018.

Apalagi, kata Yulianto, ketika musim mudik Lebaran, beberapa maskapai kerap menambah kursi melalui extra flight. Hal ini dikarenakan jumlah penumpang meningkat signifikan saat itu. Sebagai contoh, Sriwijaya Air menyediakan 138.852 kursi tambahan untuk pemudik di tahun 2017. Tidak ketinggalan, Garuda Indonesia pun menawarkan lebih dari 60.000 kursi sekaligus penerbangan ekstra.

KAI Diskon Tiket 20 Persen di Promo Bursa Pariwisata, Catat Rute-rutenya

Untuk rute penerbangan yang paling dicari pada Lebaran tahun ini diprediksi Yulianto, sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Posisi teratas masih diisi oleh Jakarta, Bali, Surabaya, Medan, dan Yogyakarta.

"Yang berbeda, apabila berkaca pada tren, tujuan Lombok, Belitung, dan juga Labuan Bajo diperkirakan akan banyak diincar oleh pemudik yang ingin sekaligus berwisata di liburan Lebaran tahun ini," ujarnya.

Ilustrasi aplikasi di smartphone

Akan Ada 2 HP Baru yang Meluncur Abis Lebaran

Dua HP (smartphone/ponsel pintar) terendus akan meluncur pada pekan ini atau dua minggu usai Lebaran.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024