Laporan dari Australia

Werribee, Taman Safari Australia Rasa Afrika

Menyaksikan dari dekat singa sedang makan di Taman Safari Werribee, Victoria, Australia.
Sumber :
  • VIVA / Renne

VIVA – “Mama! Mama! Lihat ada singa makan,” seru anak-anak sambil berlarian menuju tempat kawanan singa. Sang ibu pun, sambil mengejar anak-anaknya, dengan antusias mengeluarkan ponsel berkamera, siap menjepret kucing buas itu.

Arab Saudi Dirikan Maskapai Baru, Rute Riyadh-Afrika Akan Terealisasi

Hanya dipisahkan dengan jendela dan kawat, mereka bisa menyaksikan dengan langsung sejumlah singa Afrika yang tengah makan daging mentah dengan lahap. Bahkan ada seekor singa betina yang dengan rakusnya mengambil sebagian besar santapan hingga ke tulangnya.

Nun jauh di sana, seekor singa jantan dengan santainya menunggu momen untuk merebut daging yang sudah susah payah diambil sang betina. Pergumulan pun terjadi dan si betina pasrah santapan hasil jerih payah hanya bisa direbut begitu saja oleh sang pejantan. Hewan-hewan buas itu tampak tak peduli ditonton banyak orang di padang yang luas.

Bakal ke Uganda Resmikan Masjid, Ivan Gunawan Siap Tempuh Perjalanan Darat 10 Jam

Ini merupakan salah satu wahana utama Taman Safari Werribee, atraksi menarik di negara bagian Victoria, Australia. Selain berjalan kaki, tur safari dengan odong-odong selama sekitar satu jam, para pengunjung bisa langsung melihat auman langsung singa Afrika, kuda nil yang sedang mandi, jerapah yang sedang makan dari pohon, dan aktivitas hewan-hewan lainnya.

Mereka tidak terkekang dalam kandang atau ruang terbatas seperti di kebun-kebun binatang pada umumnya, namun hidup bebas di padang luas, seperti di Afrika. Ini yang memukau para pengunjung Taman Safari Werribee, termasuk VIVA bersama rombongan dari Indonesia dalam program jalan-jalan bersama Tourism Australia dan Garuda Indonesia, Minggu 11 Maret 2018.

Libur Lebaran, The Jungle Bogor Siapkan Banyak Promo dan Hadiah

Bagi warga Australia, termasuk juga turis asal Indonesia, tak perlu jauh-jauh datang ke Afrika untuk melihat langsung hewan-hewan liar dengan bersafari ria di gurun. Taman Safari Werribee menawarkan petualangan bersama kawanan singa, macan tutul, jerapah, hingga hewan-hewan eksotis lainnya seperti halnya Taman Nasional Serengeti, nun jauh di Afrika sana, lengkap dengan gubuk-gubuk khasnya.

Werribee Open Range Zoo, demikian nama lengkapnya, berlokasi sekitar 32 kilometer dari sebelah barat daya Kota Melbourne Australia. Butuh waktu sekitar 45 menit perjalanan dari Bandara Melbourne menuju kebun binatang yang berada di negara bagian Victoria itu.

Dibuka sejak tahun 1983, sesuai dengan namanya “Open Range,” kebun binatang Werribbe dibuat seolah tak berpagar. Pengunjung yang masuk langsung dibuat terpesona dengan sekumpulan hewan berbagai macam yang hidup secara alami di area seluas 200 hektar itu.

“Kami sebisa mungkin membuat wahana ini jadi interaksi yang dekat antara manusia dengan hewan-hewan liar, yang banyak terancam punah. Ini sesuai misi kami, tidak sekadar menghibur, namun juga mendidik publik untuk menjaga kelestarian hewan,” kata Gordon, sang pemandu tur.

Werribee merupakan rumah bagi berbagai hewan yang berasal dari sejumlah tempat di belahan dunia lainnya, yaitu Afrika, Asia, Amerika Utara, dan Australia.  Namun, kebun binatang ini dibuat dengan nuansa mirip dengan desa-desa di Afrika.

Pengunjung tidak saja melihat-lihat kehidupan binatang di alam bebas. Pengelola Werribee pun menyediakan sejumlah saran pendidikan dan hiburan. Di tempat ini, pengunjung bisa menyaksikan pertunjukan bagaimana seorang petugas melacak jejak-jejak singa, sampai akhirnya menemukan mereka.  Pengunjung juga bisa mengetahui sifat-sifat dan asal muasal hewan-hewan liar lainnya.

Seekor koala sedang tidur.

Kebun binatang itu pun menyediakan dua jalur petualangan, salah satunya adalah Pula Reserve Walking. Di jalur ini pengunjung lebih banyak menemukan kumpulan hewan dari Afrika, seperti singa, monyet vervet, cheetah, dan meerkats.

Selain itu ada juga jalur petualangan Australian Journey Walk. Di jalur ini, pengunjung lebih banyak menemukan hewan-hewan khas Australia, seperti kanguru, koala, emu, dan lain-lain.

“Ini merupakan tempat yang mengasyikkan, tidak saja untuk bersantai namun juga belajar mengenal hewan-hewan yang terancam punah. Makanya banyak pengunjung yang mengajak serta anak-anak mereka ke sini,” kata David Frowd, seorang pengunjung asal Kota Melbourne.

Bagi turis Indonesia yang ingin menikmati liburan safari khas Afrika, Werribee ini tempat yang cocok. Jadi tidak perlu jauh-jauh sampai ke Afrika. Ada sejumlah penerbangan dari Indonesia ke Melbourne, salah satunya adalah Garuda Indonesia. Maskapai kebangaan Indonesia ini menawarkan penerbangan langsung dari Jakarta ke Melbourne dengan waktu tempuh sekitar 6,5 jam.    

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya