Laporan dari Australia

Tetirah Asyik di 'Tebingnya Ratu'

Pemandangan indah di Kota Queenscliff Australia
Sumber :
  • VIVA / Renne

VIVA – Bila orang Jakarta sering mampir ke Puncak, atau warga Bandung rutin pesiar ke Lembang, maka warga Kota Melbourne, Australia, rutin tamasya ke Queenscliff. Terletak di negara bagian Victoria, Queenscliff ini merupakan tempat favorit bagi penduduk kota Melbourne dan sekitarnya.

Anak Selebgram Aghnia Punjabi Diduga Dianiaya Pengasuh, Badan Diduduki hingga Kepala Dibanting

"Tiap akhir pekan atau saat hari libur nasional Queenscliff ini ramai dikunjungi orang-orang dari Kota Melbourne seperti saya. Mereka sangat suka sekali berjalan-jalan di sini, karena menawarkan pemandangan bamgunan-bangunan klasik abad ke-19 yang masih terawat sangat bagus," kata David Smith-Frawd, yang ikut bersama VIVA dan rombongan kecil dari Indonesia dalam program jalan-jalan bersama Tourism Australia dan Garuda Indonesia, Selasa 13 Maret 2018.

Benar apa kata David. Didirikan pada tahun 1850, Queenscliff serasa membawa pengunjungnya kembali ke masa lampau. Berpenduduk tidak sampai 1.400 jiwa, berdasarkan sensus 2016, kota kecil ini sangat terawat, walau desain dan struktur bangunannya sudah berusia 100 tahun lebih.

Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi

Di antara bangunan yang menarik perhatian adalah Kantor Pos dan Balai Pertemuan warga Queenscliff. Arsitekturnya bergaya era Victoria dengan tembok dari bata-bata merah yang masih apik dan terawat. Begitu pula rumah-rumah warga setempat.

Viral Anak Selebgram Malang Dianiaya Pengasuhnya, Polisi Langsung Tangkap Pelaku

"Ini berkat peraturan dari pemerintah setempat. Bagian dalam bangunan boleh diubah, namun bagian depan atau teras tidak boleh. Kalau mau direnovasi, bahkan untuk dicat ulang, harus sesuai bentuk aslinya dan perlu izin dari Dewan Kota," lanjut David.

Deretan bangunan tua di Kota Queenscliff Australia

Tak kalah menakjubkan adalah pemandangan laut dari atas tebing. Tak salah kota ini disebut "Tebing Ratu" atau Queenscliff.

Hamparan laut di depan begitu indah, dengan air laut Semenanjung Bellarine yang berwarna biru jernih di siang hari.

Bangunan kantor pos tua di Kota Queenscliff Australia

Bila musim libur tiba, pantai itu dipenuhi oleh orang-orang yang berenang dan dayung sampan (padling). Dermaga di Queenscliff pun dijejali oleh kapal-kapal pesiar milik orang-orang kaya.

Tak heran bila warga Melbourne rela berkendara selama dua jam menuju Queenscliff bila ada waktu liburan.

Dermaga kapal pesiar pribadi yacht di Queenscliff Australia

Bagi turis asal Indonesia, kota terdekat menuju Queenscliff adalah Melbourne. Ada sejumlah penerbangan dari Indonesia ke Melbourne, salah satunya adalah Garuda Indonesia. Maskapai kebanggaan Indonesia ini menawarkan penerbangan langsung tanpa transit dari Jakarta ke Melbourne dengan waktu tempuh sekitar 6,5 jam.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya