Pelesir ke Wai-O-Tapu, Tempat Paling Surealis di Bumi

Wai-O-Tapu Thermal Wonderland, Selandia Baru.
Sumber :
  • VIVA/Tasya Paramitha

VIVA – Berwisata ke Selandia Baru tak lengkap jika tidak mengunjungi destinasi wisata yang terkenal dengan pemandangan alamnya yang luar biasa. Jadi tentu saja VIVA menyempatkan diri untuk berkunjung ke Wai-O-Tapu Thermal Wonderland saat berada di Rotorua, Selandia baru dalam rangka memenuhi undangan dari Tourism New Zealand (TNZ) beberapa waktu lalu.

Destinasi Wisata Wajib di Selandia Baru untuk 5 Tipe Traveler

Dalam bahasa Maori, suku asli Selandia Baru, 'Wai-O-Tapu' sendiri berarti 'air suci'. Wai-O-Tapu Thermal Wonderland adalah area geothermal aktif di bagian selatan Okataina Volcanic Centre atau di utara Reporoa Caldera (lempengan vulkanik yang kolaps) yang berada di Zona Vulkanik Taupo. Jaraknya sekitar 27 kilometer dari Rotorua. Area ini terbentuk karena aktivitas vulkanik yang terjadi di bawah tanah selama ribuan tahun lamanya, yaitu sekitar 230.000 tahun lalu.

Wai-O-Tapu Thermal Wonderland, Selandia Baru.

Tips Berlibur Seru Bersama Sahabat di Selandia Baru

Wai-O-Tapu Thermal Wonderland juga disebut sebagai atraksi wisata geothermal yang paling berwarna dan beragam di seluruh dunia. Saat berkunjung ke sana, kami diperkenalkan kepada berbagai lanskap alam yang berbeda dari yang pernah kami lihat sebelumnya. Tak heran jika tempat ini juga dikenal sebagai sistem geothermal terbesar di Negeri Kiwi dengan luas hingga 18 kilometer persegi.

"Karena berbagai kondisi geothermal dramatis di bawah permukaan bumi, area ini memiliki banyak sumber air panas yang memiliki warna yang berbeda," ujar pemandu wisata kami.

5 Lokasi Pemotretan Romantis di Selandia Baru

Wai-O-Tapu Thermal Wonderland, Selandia Baru.

Di sini ada kolam berwarna hijau muda (Primrose Terrace), kuning dan biru (Artist's Palette) dan bahkan oranye (Champagne Pool). Perbedaan warna tiap kolam air panas dikarenakan kandungan zat kimia di dalamnya.

Meskipun kolam air panas, namun pengunjung yang datang tidak diperkenankan untuk masuk, berendam atau bahkan memegang air kolam. Itu karena suhu air yang tinggi, bahkan ada yang sampai di atas suhu air mendidih. Selain itu, kandungan zat kimianya juga dapat membahayakan tubuh.

Kami juga melihat mud pool yang merupakan kolam lumpur paling besar di Selandia Baru. Kolam ini merupakan lumpur dari letusan gunung merapi yang hancur akibat erosi yang terjadi di tahun 1920-an.

Wai-O-Tapu Thermal Wonderland, Selandia Baru.

Wai-O-Tapu Thermal Wonderland, Selandia Baru.

Wai-O-Tapu Thermal Wonderland telah dilindungi dan dijadikan destinasi wisata sejak tahun 1931. Saking indahnya, situs perjalanan wisata internasional TripAdvisor bahkan menyebut tempat ini sebagai salah satu tempat yang paling surreal (surealis/tidak nyata) di bumi. Jadi tak salah jika Wai-O-Tapu menjadi destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi ketika berada di Rotorua.

Untuk informasi selengkapnya mengenai Wai-O-Tapu Thermal Wonderland, Anda bisa mengunjungi situs resminya, www.waiotapu.co.nz.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya