Sebelum Menjelajah Banda Neira, Ketahui Empat Hal Ini

Banda Neira
Sumber :
  • VIVAnews/Mutia Nugraheni

VIVA – Banda Neira yang berada di Kepulauan Maluku Tengah menjadi salah satu destinasi yang cukup menarik perhatian masyarakat dunia. Hal ini tidak terlepas dari kekayaan bawah laut yang tersimpan di sana. Keramahan masyarakat lokal hingga kuliner lokal yang menggugah selera. 

Selain Labuan Bajo, Indonesia Timur Juga Punya Pulau Morotai yang Tak Kalah Menakjubkan

Tak hanya itu, daerah yang pernah menjadi pusat perdagangan rempah-rempah dunia pada abad ke-19 membuat kota ini kaya akan sejarah yang tidak boleh terlewatkan untuk ditelusuri. Menjadi suatu kesenangan jika kita bisa mengunjungi tempat seindah Banda Neira untuk merasakan sejumlah pengalaman unik dan berharga. 

Nah, untuk Anda yang ingin merasakan bagaimana serunya berpetualang ke Banda Neira, ada baiknya mencatat beberapa hal penting berikut ini yang diinformasikan langsung dari Kepala Dinas Pariwisata Maluku, Habiba Saimima, saat ditemui di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, beberapa waktu lalu. 

Kasetpres: Istana Mini Banda Neira Jadi Istana Presiden Butuh Kajian

1. Transportasi

Untuk mencapai Banda Neira Anda bisa menggunakan pesawat atau kapal laut. Perjalanan bisa dimulai dari Jakarta menggunakan pesawat menuju Ambon. Setelah itu dilanjutkan menggunakan penerbangan perintis (Susi Air). 

Serunya Gelaran Festival Hatta-Sjharir di Banda Neira

Atau juga bisa menggunakan Kapal Laut dari pelabuhan Tulehu menuju Banda Neira pada hari Selasa dan Sabtu pada pukul 09.00. 

Banda Neira.

2. Setelah sampai di Banda Neira

Sampai di Banda Neira Anda bisa melakukan berbagai kegiatan seru mulai dari menjelajahi arsitektur kemegahan Benteng Belgica, yang berdiri sejak abad ke-16. Anda juga bisa mampir untuk menengok Gereja Tua Hollanrische Kerk yang dibangun sejak tahun 1.600-an.

Atau Anda bisa mengunjungi beberapa pulau seperti Pulau Hatta yang merupakan lokasi pengasingan Wakil Presiden I Indonesia, Moh. Hatta, hingga mengunjungi Pulau Rhum yang menjadi lokasi favorit untuk snorkling. 

Banda Neira

3. Kuliner

Kewajiban yang harus dilakukan ketika mengunjungi suatu destinasi adalah mencoba makanan khas setempat. Anda bisa mencicipi Papeda, Manisan Pala dan Haluan Kenari sebagai salah satu makanan khas daerah setempat.  

4. Penginapan

Setelah lelah berkeliling, hal yang dibutuhkan adalah beristirahat sejenak sambil membersihkan diri. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Anda bisa menginap di beberapa homestay yang tersebar di Banda Neira dengan rata-rata tarif berkisar Rp250 ribuan. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya