Cara Sederhana Pilih Cobek yang Tepat untuk Sambal Lezat

Cobek
Sumber :
  • VIVA/Rintan Puspitasari

VIVA – Cobek umumnya dibuat dari batu sisa letusan gunung berapi. Namun seiring perkembangan zaman, cobek seringkali digantikan material berbahan kayu. Alasannya karena dianggap lebih kekinian dan pastinya lebih ringan jika digunakan untuk di rumah. 

Kisah Perjuangan Delly Clarissa, dari Ibu Muda Biasa Jadi Konten Kreator

Tapi siapa sangka kalau barang yang sering dipandang sebelah mata ini ikut andil dalam menentukan lezat tidaknya sebuah sambal. Selain tentunya kemampuan si pemilik untuk mengulek bahan-bahan tentunya. 

Ditemui saat peluncuran menu baru Kaum Restoran, Jakarta Pusat, Sous Chef Rachmad Hidayat menjelaskan bagaimana cara agar tak salah saat memilih cobek di pasar.

Catat Mom, Trik Masak Sajian Buka Puasa dan Sahur Anti Ribet

"Coba digores, kalau putih jangan dipakai, kalau digores sama warnanya asli itu yang asli. Cobek asli ada warna gradasi, tergantung jenis batu dan daerah," ujar Rachmad, Rabu, 21 Maret 2018.

Cobek yang baik juga biasanya berasal dari perajin asal Muntilan, Magelang, Jawa Tengah. Karena mereka dibuat dari batu yang benar-benar diambil dari gunung, meski ada juga yang berasal dari batu kali. 

Moms, Peralatan Dapur Bisa Atasi Luka Bakar di Rumah Lho

"Kenapa perlu cobek bagus, karena itu memengaruhi cita rasa, karena ada tekanan, Kita tahu setiap orang yang ulek rasanya pasti beda," kata Brand Director Kaum Restaurant, Lisa Virgiano. 

Sementara, tekanan itu penting saat membuat sambal yang lezat, dan tidak bisa didapat dari cobek yang terbuat dari kayu, karena terlalu ringan. (ase)

Bawang Putih

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Food preparation atau menyiapkan bahan makanan menjadi jalan keluar yang paling pas. Terutama untuk bumbu-bumbu dapur seperti bawang yang menjadi bumbu dasar masakan

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2024