Yang Tak Terlupakan dari Taiwan 

Suasana di Ximending, Taiwan
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Lis Yuliawati

VIVA – Taiwan menjadi salah satu destinasi wisata di Asia yang menarik untuk dikunjungi. Terutama bagi para pecinta wisata belanja, negara ini bak surga bagi mereka. Tapi tidak hanya memuaskan hasrat para penggila belanja, Taiwan juga memiliki berbagai atraksi wisata alam yang tidak kalah dengan negara-negara lain di benua Asia. 

Kabar Terbaru Ken Zhu Meteor Garden, Alami Penyakit Ini hingga Tak Bisa Punya Anak

Belakangan ini, Taiwan pun menyasar Indonesia sebagai salah satu target pasar wisatawan untuk mengunjungi negara asal Tao Ming Tse tersebut. Lalu, jika berbicara Taiwan apa saja sih yang bisa kalian ingat atau ciri khas apa yang menggambarkan Taiwan? VIVA pun membuat sedikit ringkasan mengenai negara ini. Berikut ini daftarnya. 

1. Serial Drama Meteor Garden

Potret Terkini Vic Chou, Pemeran Serial Meteor Garden Curi Perhatian di Usia Kepala Empat

Serial Meteor Garden

Serial yang masuk ke Indonesia tahun 2000-an ini cukup mencuri perhatian masyarakat Indonesia. Berkisah mengenai empat pemuda tampan dari keluarga berada yakni Tao Ming Tse, Hua Zhe Lai, Mei Zhuo, dan Xi Men yang bersahabat sejak kecil dan membentuk geng bernama F4. Kemudian, kisah cinta dimulai dengan kehadiran mahasiswi penerima beasiswa bernama San Chai, yang berkuliah di Ying De University.

Barbie Hsu dan DJ Koo Dituding Kawin Kontrak Demi Dongkrak Popularitas

Bukan hanya kisah cinta segitiga antara Tao Ming Tse, Hua Zhe Lai, dan San Chai yang menjadi sorotan. Tidak sedikit dari latar tempat syuting drama ini pun cukup menyita perhatian, selain daripada rumah Tao Ming Tse yang begitu besar. Sebut saja kampus mereka yang besar dan danau dekat kampus yang ada di sekitar kampus.

Untuk diketahui, nama kampus tempat pemeran Meteor Garden bersekolah yakni Ying De University itu mengambil latar kampus National Chung Cheng University yang ada di Provinsi Chiayi, Taiwan.

Para wisatawan yang memiliki kesempatan berkunjung ke universitas ini, dan kembali bernostalgia ke beberapa adegan lokasi seperti di loker, di mana San Chai mendapatkan kartu merah dari F4, kemudian pelataran kampus saat adegan San Chai yang mendapat penganiayaan dari teman-teman kampusnya, hingga Danau Tranquility yang merupakan tempat San Chai dan sahabat laki-lakinya Shing Ha yang dijuluki orang kaya baru oleh personel F4 membagi kisah kuliah San Chai. 

2. Camilan dan Minuman Hits Taiwan

Beberapa kuliner asal Taiwan yang masuk ke Indonesia seperti Shihlin, Chatime, hingga KOI ternyata digandrungi oleh masyarakat Indonesia khususnya di Jakarta. Kita pun bisa menemukan kuliner tersebut di beberapa mal besar di Jakarta. Shihlin sendiri merupakan jajanan khas Taiwan. Salah satu menu favorit di kedai makanan ini adalah fillet ayam berbalur tepung khusus yang digoreng kering (crispy) dan disajikan dengan berbagai varian rasa. Sedangkan Chatime dan KOI merupakan minuman teh susu mutiara (bubble tea) yang populer termasuk di Indonesia terutama di kalangan generasi milenial. 

3. Kuliner Wajib

Jika berbicara kuliner, Taiwan selalu diidentikan dengan mie daging sapi, misoa, hingga kue nanas. Mie kuah sapi adalaha salah satu makanan merakyat Taiwan. Untuk membuat mie sapi yang enak, tiga unsur dari mie, sup dan daging sapi yang tidak boleh kurang. 

Misoa, adalah makanan umum Taiwan. Selain disajikan saat ulang tahun (menandakan panjang umur), atau dimasak menjadi misoa kaki babi, misoa minyak wijen. Misoa kuah usus (tiram) telah menjadi makanan kecil khas Taiwan yang terkenal. Bahan utamanya berupa tiram dan misoa. 

Sedangkan kue nanas adalah salah satu oleh-oleh wajib yang harus dibawa dari Taiwan. Kue nanas hampir serupa dengan nastar, mulai bentuk, ukuran, dan rasanya. Bedanya, kue nanas punya filosofi mendalam bagi masyarakat Tionghoa. Buat mereka, kue ini dianggap sebagai pembawa keberuntungan. 

4. Wisata Belanja

Suasana di Shilin Night Market di Taiwan

Ibukota Taiwan yakni Taipe menjadi surga belanja bagi kaum hawa. Taipe memberikan beberapa rekomendasi tempat berbelanja yang ciamik untuk didatangi. Misalnya saja area perbelanjaan Zhongxiao, tempat ini menyatukan tiga pusat perbelanjaan Sogo dan Breeze center mall. Sehingga butik dan restoran tematik bisa dijelajahi dengan berjalan kaki.

Ada pula distrik perbelanjaan Xinyi di sini Anda bisa berbelanja di Taipe 101 mall, Shin Kong Mitsukoshi Xinyi, Hankyu Departmen store, Bellavita ataupun ke toko buku favorit Eslite yang buka 24 jam.

Nah, bagi kalian para pecinta fashion Jepang bisa mengunjungi Xinmending. Tempat yang merupakan wilayah perbelanjaan tertua di Taipe ini dijuluki sebagai "harajuku"-nya Taipe.

Hingga Wufenpu Wholesale market yang merupakan surga bagi para perempuan muda yang menyukai fesyen Korea dan Jepang.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya