Gunung Terkecil Dunia Dapat Dilalui Hanya Selangkah Kaki

Jingshan, gunung terkecil di dunia
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Gunung menjadi salah satu lokasi incaran untuk berlibur. Hal ini tidak lain karena gunung memiliki udara segar ditambah dengan pemandangan di sekitar pegunungan yang dianggap bisa menyegarkan hati dan pikiran Anda. 

6 Fakta Menarik Minas Gerais, Kota Kelahiran Legenda Sepakbola Brasil Pele

Namun, banyak dari kita memilih mengurungkan niat dikarenakan medan yang sulit untuk didaki. Jika Anda mencari gunung yang mudah untuk didaki, mungkin Anda bisa pergi ke Shouguang, di Provinsi Shandong, China. 

Di sana Anda akan menemukan 'Jingshan', yang merupakan gunung terkecil di dunia. Anda bisa melalui gunung itu hanya dengan selangkah kaki. 

Wow, Ini Dia 6 Keajaiban Alam Unik yang Hanya Ada di Indonesia

Dilansir dari laman Oddity Central, gunung ini diketahui hanya memiliki tinggi 0,6 meter dari permukaan tanah dan dapat ditaklukkan dengan satu langkah saja. 

Menurut sejarah, gunung ini hanya pucuknya saja, sehingga ada gunung yang lebih besar di bawah tanah.

Sensasi Tidur 'Menggantung' di Pohon Pinus dengan Cara Mewah

Lalu, seberapa besar gunung Jingshan di dalam tanah? Yah, kita mungkin tidak akan pernah tahu karena statusnya yang dilindungi membuat orang tidak boleh sembarangan untuk menggali atau melakukan penelitian di sana. 

Menurut Zheng Binhai, mantan kurator Museum Shouguang Bo, pada masa pemerintahan Mao Zedong, kala itu ada seseorang ditugaskan untuk menggali di sekitar Jingshan untuk membuktikan bahwa itu bukan gunung, melainkan hanya sebuah gundukan batu  sederhana. 

Setelah menggali beberapa meter mereka tidak bisa mencapai pangkal bawah tanah gunung. Kemudian, pada tahun 1958, seseorang berusaha menggali di sekitar Jingshan, tetapi mereka juga gagal menemukan dasarnya. Sejak itu, batu yang tampaknya kecil itu telah diakui sebagai gunung. 

China.org melaporkan bahwa Jingshan memiliki ketinggian 48 meter, tetapi sebagian besar di bawah tanah. Ujung gunung terkecil di China hanya memiliki tinggi 0,6 meter, panjang 1,24 meter dan lebar hanya 0,7 meter. 

Mengakui pentingnya gunung Jingshan sebagai objek wisata, kini pihak berwenang Shouguang telah menjadikannya ilegal untuk menggali sekitarnya, juga untuk membangun semua jenis infrastruktur di dekatnya.

Foto-foto Jingshan, gunung terkecil di China, baru-baru ini menjadi viral di media sosial Tiongkok, menarik semua jenis komentar lucu dari orang-orang, yang menantang teman-teman mereka ke kontes mendaki gunung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya