4 Rekomendasi Liburan Asik Long Weekend di Luar Jakarta

Suasana tempat wisata Pantai Tanjung Tinggi, di Belitung, Bangka Belitung
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

VIVA – Libur akhir pekan akan berlangsung mulai besok. Pada momen tersebut, sering dimanfaatkan untuk bepergian bersama keluarga, pasangan atau teman-teman ke beberapa destinasi wisata. Bagi masyarakat khususnya warga Jakarta pasti akan memilih kawasan Bandung atau Bogor sebagai lokasi pilihan. 

Sandiaga Uno Tegaskan Indonesia Aman Dikunjungi Wisatawan

Tapi kita tahu bahwa kedua kawasan tersebut terutama di libur panjang pasti akan padat. Belum lagi ketika Anda menggunakan kendaraan mobil pasti akan didera kemacetan selama perjalanan. Bagi yang sudah terbiasa mungkin akan santai, tapi bagi yang tidak mereka mungkin memilih di rumah saja. 

Nah, jika Anda ingin berlibur ke luar kota namun tidak terlalu jauh dari Jakarta. Mungkin bisa mencoba berlibur ke tiga lokasi rekomendasi dari travel blogger Dendy Selmaeza yang ditemui VIVA, kemarin di Agro Plaza Jakarta Selatan. 

Hore! Di Gunung Prau Sudah Ada Posko Kesehatan dan Musala

1. Lampung

Gigi Hiu, Lampung.

Alam Indonesia Unik, Berpotensi Kembangkan Geopark Skala Dunia

Lampung menjadi destinasi alternatif long weekend Anda. Tidak terlalu jauh dari Jakarta, dan Anda akan disuguhi oleh pemandangan yang tidak kalah cantik namun masih ramah kantong. 

"Lampung sebenarnya dekat, waktu itu saya naik kereta sampai ke Rangkas Bitung, habis itu lanjut ke Merak naik kapal Fery untuk menyeberang. Saya cuma habis Rp45 ribu untuk sampai ke Lampung," ungkap dia.

Jika Anda tidak membawa mobil Anda disarankan untuk menyewa motor selama berlibur ke Lampung. Soal destinasi Lampung, lanjut dia banyak menawarkan pengalaman seru. Seperti berinteraksi langsung dengan gajah di Way Kambas. Jika Anda pecinta pantai bisa melanjutkan kunjungan di hari kedua ke Pantai Gigi Hiu. 

Pantai Gigi Hiu, kata dia memiliki keunikan yakni adanya gugusan batu karang berbentuk lancip yang tertata rapi di bibir pantai. Anda bisa menikmati deburan ombak yang menerpa batu karang tersebut. Tempat ini pun akan terlihat cantik terutama ketika matahari terbenam. 

"Setelah ke Pantai Gigi Hiu bisa lanjut lagi ke Teluk Kiluan untuk melihat lumba-lumba. Bisa juga mantai ke Pahawang, di sana banyak villa bawah laut yang mirip seperti di Ora (Maluku) itu bagus. Nanti di Pahawang bisa sewa kapal untuk snorkling di sana," terang dia. 

2. Sukabumi

 Ciletuh Palabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat

Sukabumi menyimpan berbagai destinasi cantik yang tidak kalah dengan Bandung. Dendy pun menyebut Sukabumi sebagai 'The Next-nya Bandung'. 

"Kalau ke Sukabumi itu bisa ke Geopark Cileutuh. Di sana itu surganya air terjun, banyak banget yang cantik-cantik di sana, salah satunya Curug Puncak Manik," terang dia. 

Puncak Manik sendiri merupakan curug tertinggi yang ada di Geopark Cileutuh, untuk mencapai lokasi tersebut, Anda perlu mendaki selama satu jam. Meski begitu, selama mendaki Anda akan melewati hutan tropis yang sejuk dan rimbun. Selain itu ada pula pilihan lain, yakni jembatan gantung yang dinobatkan sebagai jembatan gantung terpanjang di Sukabumi. 

"Jembatan gantung situ di bawahnya hutan bagus banget," terang dia. 

Jembatan yang dimaksudkan itu berada di Kampung Pasanggrahan, Desa Gunung Pangrango, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi. 

Dia menyebut, untuk melakukan perjalanan ke Sukabumi bisa naik kereta ke Bogor dari situ. Dilanjutkan dengan menaiki kereta lokal yang tersedia hanya satu kali antara pukul 05.00 atau 06.00 pagi. 

3. Kampung Baduy Banten 

Kampung Baduy Luar.

Dendy juga memberikan alternatif wisata ke Baduy Banten. Kampung Baduy sendiri menawarkan wisata alam sekaligus wisata budaya. Anda dapat menikmati alamnya yang masih asri, serta mengenal lebih jauh budaya suku Baduy. 

4. Belitung

Wisata Pulau Lengkuas di Bangka Belitung

Wisata dekat Jakarta dan murah rekomendasi dari Dendy adalah Belitung. Mengingat tiket pesawat ke Belitung yang berkisar Rp400 ribuan. Selain itu, Belitung menjadi salah satu destinasi yang dapat memanjakan wisatawan pecinta pantai. Karena daerah ini memiliki sejumlah pantai-pantai cantik.

Sebut saja pantai Tanjung Kelayang, Pulau Kepayang, Pulau Burung, Pulau Lengkuas dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya