Festival Pesona Tambora 2018 Hadirkan 8 Negara

Pesona Gunung Tambora
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA – Kalau kamu menyenangi berpetualang di alam bebas, ada baiknya datang ke Taman Nasional Gunung Tambora (TNGT), 9-11 April 2018. Keindahan dan eksotisme Gunung Tambora sudah diakui dunia.

Hore! Di Gunung Prau Sudah Ada Posko Kesehatan dan Musala

Tak heran jika Menteri Pariwisata Arief Yahya ikut memujinya. Menurutnya, potensi Gunung Tambora sangat luar biasa. Pesonanya sudah tak terbantahkan. Untuk itu, Kemenpar memberikan dukungan penuh terhadap Festival Pesona Tambora 2018.

“Pariwisata akan menjadi lebih besar jika didukung dan dibesarkan melalui promosi yang baik. Promosi yang kita lakukan dengan berbagai channel, utamanya melalui media digital. Sehingga nantinya destinasi Gunung Tambora akan lebih mendunia lagi,” tutur Menteri Arief Yahya, melalui keterangan tertulis kepada VIVA.

Menpar menilai, seluruh potensi tersebut akan terekspose maksimal jika atraksi pariwisata yang ditampilkan di-manage. Serta dipromosikan dengan baik oleh Kemenpar, Pemerintah Daerah, dan GenPI.

"Sebuah event harus dipromosikan dengan baik. Sehingga nantinya dapat mengundang wisatawan datang. Time schedule-nya juga harus diperhatikan. Sehingga wisatawan bisa jauh-jauh hari mempersiapkan diri untuk datang," ujar Menteri asal Banyuwangi ini

Menurutnya, Festival Pesona Tambora 2018 termasuk yang memiliki persiapan bagus. Untuk itu, Menpar yakin pelaksanaan tahun ini akan lebih meriah.

“FPT 2018 ini akan lebih meriah. Event-event yang ditawarkan lebih menarik. Semua bisa menyatu dengan eksotisme alam Gunung Tambora. Jadi jangan sampai dilewatkan begitu saja,” kata dia.

Buat kamu yang belum tahu, Gunung Tambora memiliki ikon yang sudah mendunia. Yaitu kaldera raksasa. Kaldera ini terbentuk pascaletusan dahsyat Gunung Tambora pada1815 lalu.  Kaldera ini menjadi salah satu yang paling diminati wisatawan domestik maupun mancanegara.

Maklum, value kaldera raksasa ini cukup tinggi. Sebab, tidak semua taman nasional memilikinya. Rugi rasanya kalau sudah jauh-jauh ke Tambora tapi melewatkan peluang keajaiban alam ini.

Pada penyelenggaraan tahun keempat, FPT 2018 disiapkan lebih detail. Penyelenggaraan festival ini melibatkan lima kabupaten/kota se-Pulau Sumbawa. Mereka akan unjuk potensi dan kekhasan daerah masing-masing. 

Mengintip Wisata Batam, Hotel Mewah Hingga Banyak Pantai Indah

Ada delapan negara

Untuk memanaskan FPT 2018, Tamborun dan touring pecinta motor gede (moge) akan digelar 1 April. Event ini akan melewati beberapa spot menarik termasuk Doro Canga. Konsep sport tourism juga semakin ditegaskan dengan Tambora Challange dengan rute lari sepanjang 320 kilometer.

Tambora Challange ini akan mengambil start dari Sumbawa Barat. Finishnya di wilayah Doro Canga, Kabupaten Dompu. Event ini berstatus internasional. Sebab, sedikitnya delapan negara menyatakan akan ambil bagian. Peserta mancanegara diantaranya berasal dari Malaysia dan Australia. Tambora Challenge akan melibatkan 50 atlet lari. 

Menu internasional lainnya adalah surfing di Pantai Lakey. Peserta event ini juga dari beberapa negara. Mereka akan bersaing unjuk skill, sekaligus menikmati vibrasi harmoni pantai di Sumbawa. 

Parade seni budaya tidak akan ketinggalan. Kegiatan kebudayaan ini akan digelar di Pekat Tambora. Selain itu, ada juga Sangiang yang digelar di wilayah Kabupaten Bima.

Menparekraf Sandiaga Uno.

Sandiaga Uno Tegaskan Indonesia Aman Dikunjungi Wisatawan

Demi meyakinkan wisatawan, khususnya dalam negeri, Sandiaga Uno telah meninjau langsung beberapa destinasi wisata di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2021